MotoGP Keluarkan Aturan Baru soal Bendera Merah
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Rabu, 23 Februari 2022 12:20 WIB
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Komisi Grand Prix baru-baru ini mengeluarkan autran baru soal red flag (bendera merah) di ajang MotoGP 2022. Hal itu berkaitan dengan penentuan juara saat marshal mengibarkan bendera merah di tengah balapan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Seperti yang diketahui, apabila bendera merah dikibarkan ketika balapan berlangsung, maka seluruh peserta diwajibkan untuk menghentikannya. Biasanya bendera merah ini muncul akibat kecelakaan fatal dan kondisi buruk lintasan.

Kondisi ini juga sempat terjadi di tes pramusim hari pertama MotoGP Mandalika pada 11 Februari 2022. Saat itu marshal terpaksa mengibarkan bendera merah akibat kondisi Sirkuit Mandalika yang kotor akibat debu hingga kerikil.

"Sebelumnya, jika balapan ditandai dengan bendera merah dan hasil akhir diumumkan, pemenangnya diambil dari putaran di mana semua pembalap terakhir kali melewati garis finis. Hal ini menyebabkan klasifikasi balapan diambil dari putaran sebelumnya, bahkan ketika pemimpin balapan dan sebagian besar pembalap telah menyelesaikan putaran berikutnya,” bunyi pernyataan MotoGP.

Dengan kata lain, hasil balapan nantinya akan ditentukan dari pembalap terakhir yang memimpin balapan setelah melintasi garis finis sebelum bendera merah dikibarkan. Apabila pembalap lainnya belum menyentuh garis finis yang sama dengan rider terdepan, maka posisinya akan terhitung pada lap sebelumnya.

“Semua pembalap yang melewati garis finis pada putaran yang sama dengan pemimpin balapan, sebelum bendera merah dikibarkan, akan diklasifikasikan dalam urutan itu, sebagai klasifikasi parsial,” lanjut pernyataan komisi Grand Prix.

"Setiap pembalap yang tidak melewati garis finis pada putaran yang sama dengan pemimpinnya, sebelum bendera merah dikibarkan, akan diklasifikasikan berdasarkan di mana mereka melewati garis finis pada putaran sebelumnya,” bunyi aturan MotoGP 2022.

Dalam pernyataannya, klasifikasi parsial ini akan digabungkan untuk menentuan hasil akhir balapan MotoGP 2022. Dengan begitu, tidak ada polemik atau keputusan kontroversial saat balapan harus dihentikan akibat berkibarnya bendera merah.

Baca: BMW i7 Jalani Pengujian Akustik Agar Kabin Tidak Bising

CRASH.NET

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi