Daihatsu Jelaskan Cara Kerja 3 Teknologi Canggih All New Xenia
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Rabu, 2 Maret 2022 16:46 WIB
All New Daihatsu Xenia rilis di GIIAS 2021. TEMPO/Dicky Kurniawan

GOOTO.COM, Jakarta - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) baru-baru ini menjelaskan cara kerja tiga teknologi canggih yang ada di mobil All New Xenia. Tiga teknologi itu adalah Automatic Transmission, Continuous Variable Transmission (CVT), dan Dual Mode Continuous Variable Transmission (D-CVT).

Daihatsu sendiri memperkenalkan teknologi ini kepada sejumlah guru SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) se-Jawa Timur pada 24 Februari 2022 kemarin. Langkah ini diambil untuk mewujudkan konsistensi Daihatsu dalam mencerdaskan bangsa lewat program CSR (Corporate Social Responsibility).

Hal tersebut dibenarkan secara langsung oleh Section Head of Service Training Department PT ADM, Prima Barus Nurcahya. Dirinya menilai bahwa pelatihan ini merupakan komitmen Daihatsu untuk meningkatkan Link and Match program vokasi dan industri.

“Daihatsu berharap para guru SMK dapat meneruskan pengetahuan ini kepada para murid di sekolahnya, sehingga dapat lebih mempersiapkan diri ketika terjun langsung ke dunia industri,” ujar Aji Prima Barus dalam rilis yang diterima redaksi Gooto.com hari ini, Rabu, 2 Maret 2022.

Untuk lebih lengkapnya, berikut cara kerja 3 teknologi yang tersemat pada mobil All New Xenia:

  1. Automatic Transmission

Teknologi pertama yang akan dibahas adalah Automatic Transmission. Diketahui bahwa Automatic Transmission bekerja menggunakan torque converter yang mengubah tenaga mekanis dari mesin menjadi energi kinetis.

Nantinya tenaga tersebut bakal disalurkan ke roda, sehingga perpindahan gigi tidak perlu lagi dilakukan dengan kopling. Tak hanya itu, teknologi ini juga menggunakan ratio roda gigi dengan mekanisme Gear Ratio yang diatur oleh Planetary Gear dan Electronic Control Transmission (ECT).

  1. Continuous Variable Transmission (CVT)

CVT pada All New Xenia diklaim menggunakan mekanisme transmisi variable kontinu dengan sabuk baja dan variasi diameter pulley. Dengan begitu, perpindahan gigi mobil ini nantinya akan berdasarkan dengan putaran mesin dan kecepatan kendaraan. Alhasil, pada saat pergantian gigi mobil bakal lebih halus dan rasio gigi tidak terbatas.

  1. Dual Mode Continuous Variable Transmission (D-CVT)

Terakhir, ada teknologi D-CVT yang tersemat pada mobil All New Xenia. Ini merupakan teknologi pertama di dunia yang diciptakan oleh Daihatsu untuk menghasilkan kinerja yang baik. D-CVT bertugas untuk meningkatkan efisiensi transmisi, efisiensi bahan bakar, akselerasi dan lebih halus.

Teknologi ini diklaum menggunakan mekanisme yang dilengkapi dengan Dual Mode yaitu Belt Mode dan Split Gear Mode. Saat All New Xenia melaju dengan kecepatan rendah, mobil akan dikontrol oleh belt dan pulley. Sedangkan saat berkecapatan tinggi, Daihatsu Xenia baru iini akan dikendalikan oleh mekanisme gear.

Baca: Setelah Konflik Rusia Ukraina, Rider Rusia Tetap Diizinkan Tampil di Formula 1

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

#All New Xenia
#Daihatsu
#Teknologi
#Mobil
#Daihatsu Xenia
#CVT

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi