Setelah Konflik Rusia Ukraina, Rider Rusia Tetap Diizinkan Tampil di Formula 1
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Rabu, 2 Maret 2022 16:21 WIB
Nikita Mazepin. (instagram/@nikita_mazepin)

GOOTO.COM, Jakarta - FIA memutuskan untuk memberi izin kepada pembalap Rusia dan Belarusia untuk berkompetisi di ajang balap mobil, termasuk Formula 1 musim ini. Keputusan itu diresmikan pada Selasa, 1 Maret 2022.

Hal itu dibenarkan langsung oleh Presiden FIA Mohammed Ben Sulayem dalam situs resmi Formula 1. Dirinya menjelaskan bahwa pembalap Rusia tetap diizinkan tampil di F1 di bawah bendera netral.

Langkah itu diambil setelah terjadinya konflik Rusia Ukraina beberapa hari lalu. Peristiwa ini pun membuat agenda Formula 1 Rusia pada akhir tahun nanti dibatalkan. Kendati begitu, pembalap dari negara itu masih bisa berkompetisi sepanjang musim ini.

“Seperti yang Anda ketahui, FIA menyaksikan perkembangan di Ukraina dengan kesedihan dan keterkejutan, dan saya berharap untuk resolusi yang cepat dan damai untuk situasi saat ini,” kata Ben Sulayem seperti dikutip Gooto.com dari situs resmi Formula 1.

Lebih lanjut dirinya mengutuk invasi Rusia ke Ukraina. Sehingga FIA memutuskan untuk melarang bendera Rusia dan Belarusia berkibar pada gelaran Formula 1. Tak hanya itu, lagu kebangsaan mereka juga tidak diperbolehkan di ajang F1.

“Kami mengutuk invasi Rusia ke Ukraina dan pikiran kami bersama semua orang yang menderita akibat peristiwa tersebut. Saya ingin menekankan bahwa FIA, bersama dengan promotor kami, secara proaktif bertindak atas masalah ini dan berkomunikasi dengan Formula 1, Formula 2, WTCR dan International Drifting Cup,” jelas dia.

Ben Sulayem sendiri melayangkan ucapan terima kasih kepada sejumlah pihak motorsport di dunia yang telah mengambil keputusan tepat untuk gelaran Formula 1.

“Saya ingin berterima kasih kepada anggota Dewan atas tindakan cepat mereka dalam memutuskan langkah-langkah ini untuk kepentingan olahraga dan perdamaian. Kami dengan tulus berharap resolusi damai untuk kesulitan mereka yang tak tertahankan,” tutup dia.

Pada Formula 1 2022, diketahui ada satu pembalap Rusia yang akan tampil. Dia adalah pembalap Haas Ferrari, Nikita Mazepin. Nantinya Mazepin tidak akan mewakili dirinya sebagai pembalap Rusia di F1 musim 2022.

Baca: Kemendikbudristek dan PT INKA Bekerja Sama Hadirkan Bus Listrik di Indonesia

FORMULA 1

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

#Formula 1
#konflik rusia ukraina
#Rusia
#F1
#FIA

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi