Fasilitas Pendukung MotoGP Mandalika Sudah Dipastikan Siap
Reporter: Antara
Editor: Rafif Rahedian
Kamis, 10 Maret 2022 15:00 WIB
Sejumlah pekerja menyelesaikan pembangunan tribun penonton di Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Sabtu 5 Maret 2022. Menjelang perhelatan Pertamina Grand Prix of Indonesia (MotoGP) 2022, Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) bersama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) melakukan penyempurnaan lintasan dan berbagai fasilitas pendukung sirkuit yang ditargetkan dapat selesai secara keseluruhan pada 16 Maret 2022.ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

GOOTO.COM, Jakarta - Kantor Staf Presiden (KSP) mengklaim sudah memastikan kesiapan fasilitas pendukung MotoGP Mandalika. Langkah itu telah dilakukan untuk menyukseskan ajang MotoGP di Sirkuit Mandalika pada 18-20 Maret 2022.

Informasi itu disampaikan langsung oleh Tenaga Ahli Utama KSP Helson Siagian. Dirinya menyebutkan bahwa fasilitas pendukung MotoGP Mandalika ini tidak hanya untuk menyambut gelaran balap motor dunia saja.

"MotoGP ini adalah awal saja, kita manfaatkan proses persiapannya secara strategis untuk jangka panjang juga bagi pengembangan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Mandalika,” ucap dia seperti dikutip Gooto.com dari situs berita Antara hari ini, Kamis, 10 Maret 2022.

Lebih lanjut, dirinya menjelaskan bahwa KSP telah mengirim tim tenaga profesional untuk memastikan kelancaran fasilitas pendukung MotoGP Mandalika. Karena, tambah Helson, pemerintah melalui KSP ingin membangkitkan pariwisata di Indonesia.

Salah satu fasilitas MotoGP Indonesia itu adalah transportasi pendukung di Terminal Gilimas dan Pelabuhan Lembar, Lombok Barat, untuk menyambut kedatangan penonton MotoGP Mandalika.

Pelabuhan Lembar sendiri nantinya akan mengerahkan 48 unit kapal penyeberangan selama gelaran MotoGP Mandalika. Jumlah tersebut nyatanya meningkat dua kali lipat dari pelayanan di waktu reguler.

Selain transportasi, KSP juga akan memastikan pengendalian banjir, ketersediaan listrik, kelancaran drainase dan jaringan telekomunikasi. Lalu akomodasi pendukung seperti paket wisata, desa wisata dan pelaku ekonomi kreatif lokal juga akan diperhatikan.

"Beberapa hal yang juga menjadi perhatian termasuk strategi mobilisasi saat hari-H perlombaan agar tidak terjadi penumpukan massa, perkembangan pelebaran akses jalan Kuta-Keruak menuju Sirkuit Mandalika dan penataan rumah-rumah kumuh," kata Helson menjelaskan.

Sekedar informasi tambahan, Sirkuit Mandalika juga dipastikan sudah siap menjadi tuan rumah MotoGP 2022. Itu dikarenakan pihak penyelenggara telah menyelesaikan pengaspalan ulang Pertamina Mandalika International Street Circuit pada Rabu, 9 Maret 2022.

"Dengan demikian, ada waktu yang cukup untuk mendinginkan aspalnya sehingga bisa dilanjutkan dengan pemolesan atau pembersihan lapisan-lapisan minyak di permukaannya," kata Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria dalam rilis.

Baca: Pengaspalan Ulang Sirkuit Mandalika Sudah Rampung, Lintasan Mulai Didinginkan

ANTARA

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

#MotoGP Mandalika
#Sirkuit Mandalika
#MotoGP Indonesia
#KSP
#Pertamina Mandalika International Street Circuit
#MotoGP

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi