Smoot Motor dan Grab Siap Bentuk Ekosistem Motor Listrik di Indonesia
Reporter: Antara
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 22 Maret 2022 14:00 WIB
Sepeda motor listrik Smoot Tempur yang digunakan oleh armada ojek online Grab. FOTO: Grab Indonesia
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Beberapa perusahaan telah bekerja sama untuk membentuk ekosistem motor listrik dalam mendukung percepatan elekrifikasi di Indonesia. Terhitung, ada empat perusahaan yang menjalin kemitraan itu, yakni Smoot Motor, SWAP Energi, Grab dan PLN.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Keempat perusahaan itu menjalin sinergi dalam menjalankan misi pemerintah dalam mengurangi emisi karbon sebanyak 41 persen pada 2030. Hal itu dibenarkan langsung oleh Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo.

"Kerja sama ini merupakan langkah awal dari inovasi yang dapat diperluas dan dikembangkan guna saling memperkuat value dan manfaat bagi penguatan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Upaya ini untuk mengalihkan energi berbasis impor ke energi domestik, dari energi fosil ke energi terbarukan," kata dia, dikutip Tempo dari Antara.

Lebih lanjut Darmawan juga mengharapkan bahwa kerja sama ini bisa menghasilkan kendaraan ramah lingkungan dengan harga terjangkau. Mengingat, sampai saat ini kebanyakan masyarakat masih memilih menggunakan kendaraan berbahan bakar bensir karena harganya yang terjangkau.

"Kami (PLN) juga sependapat bahwa kolaborasi dengan Smoot, SWAP dan Grab merupakan bagian dari rencana Infrastruktur Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) Nasional Dua Roda dalam rangka percepatan adopsi kendaraan listrik melalui konversi Energi Berbasis Import BBM ke Motor Listrik," jelas dia.

Sementara itu, President of Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata menjelaskan bahwa kerja sama ini merupakan salah satu cara mereka dalam mendukung percepatan ekosistem kendaraan listrik di Tanah Air.

"Sinergi antara pelaku bisnis yang hadir, merupakan langkah strategis karena masing-masing memiliki peran penting dalam mendukung percepatan pembangunan ekosistem kendaraan listrik, mulai dari penyediaan armada dan infrastruktur, hingga pengoperasian," kata di.

Smoot Motor sendiri nantinya bertugas untuk memenuhi berbagai kebutuhan kendaraan listrik yang bakal digunakan untuk pengendara Grab melalui varian Tempur. Jenis motor listrik ini diketahui sudah menggunakan sistem tukar baterai bermerek SWAP Energi.

Baca: Tak Seperti MotoGP Mandalika, Formula E Ancol Pastikan Tidak Pakai Pawang Hujan

ANTARA

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi