Mobil Hemat Dilirik, Sebagian Bergeming
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 29 Januari 2009 23:29 WIB
TEMPO Interaktif, Jakarta : Awal tahun ini beberapa produsen otomotif yang beroperasi Indonesia mengakui bahwa resesi ekonomi dan harga bahan bakar dunia yang tidak menentu akan membuat mobil-mobil hemat bahan bakar lebih diminati dibanding mobil mobil boros bahan bakar.

Toyota memprediksi hal itu termasuk dua produsen yang sebelumnya tidak serius pada pasar mobil bertenaga kecil seperti General Motors dan Ford.

Honda sudah menempatkan produknya pada pasar itu sejak sekitar tahun 2002 dan kini menjadi “raja”, diikuti Toyota sekitar tahun 2006.

Honda dan Toyota menjadi penguasa, namun produsen asal Jepang seperti Mitsubishi dan Nissan mengatakan belum berencana menjual mobil mini.

Direktur Pemasaran PT Krama Yudha Tiga Berlian, Ridwan Alamsyah, mengatakan penjualan city car dari Mitsubishi yaitu Colt, “Belum akan dilakukan tahun ini.” Mitsubishi menuru Ridwan tahun ini masih fokus pada mobil jenis Multi Purpose Vehicle seperti Grandis.

Nissan Motor Indonesia juga menyatakan tidak berencana memasarkan city car-nya di Indonesia tahun ini. Teddy Irawan Direktur Pemasaran dan Penjualan Nissan Motor Indonesia mengatakan, “Saat ini belum ada rencana yang kongkrit untuk masuk ke pasar city car karena Nissan memiliki Livina XR,” salah satu dari tiga varian Livina yang merupakan jenis terlaris dari Nissan tahun lalu. Nissan sendiri sudah memproduksi city car yang diberi nama Pixo dan Micra.

Produsen otomotif lainnya seperti Suzuki, Daihatsu, dan General Motors Autoworld Indonesia, sudah menjual city car mereka di Indonesia masing-masing Swift, Sirion, dan Aveo sejak 2005.

RONALD

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi