Finis Ketiga, Aleix Espargaro Buktikan Motor Aprilia RS-GP Kompetitif
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Senin, 25 April 2022 13:44 WIB
Aleix Espargaro (Aprilia Racing), GP Portugal, 24 April 2022. (Aprilia)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Pembalap Aprilia Aleix Espargaro sukses merebut podium ketiga di MotoGP Portugal yang digelar di Sirkuit Algarve, Portimao, Minggu, 24 April 2022. Ini adalah podium keduanya di musim ini setelah sebelumnya tampil sebagai juara pertama di GP Argentina.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pembalap Spanyol itu kini bertengger di posisi ketiga klasmen sementara dengan total 66 poin, tertinggal 3 poin dari Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) dan Alex Rins (Suzuki Ecstar) di posisi 1 dan 2 dengan masing-masing mengumpulkan 69 poin.

Espargaro mengawali balapan di GP Porgutal dari posisi ketujuh. Ia sempat terlibat duel sengit melawan sesama pembalap Spanyol, Alex Marquez (LCR Honda). Perlahan tapi pasti, ia mampu membuktikan tunggangannya, Aprilia RS-GP mampu bersaing di papan atas.

Nasib baik menghampiri Espargaro ketika Jack Miller (Lenovo Ducati Team) dan Joan Mir (Suzuki Ecstar) bertabrakan saat berada di posisi 3 dan 4. Alhasil, Espargaro naik ke posisi 3 dan berupaya mengejar Johann Zarco (Pramac Racing) yang berada di posisi 2. Sedangkan pimpinan lomba didominasi Quartararo hingga finis.

Espargaro mengaku kehilangan banyak waktu di awal lap karena start kurang mulus dan duel dengan Alex (Marquez).

“Saya menemukan kembali kecepatan motor saya dan bahkan mencoba menyerang Zarco, tapi risikonya terlalu tinggi. Jadi saya harus puas di posisi ketiga,” kata Espargaro dalam keterangan resmi, Senin, 25 April 2022.

”Kami sekali lagi menunjukkan bahwa kami bisa bertarung dengan yang terbaik."

Espargaro juga mencatat waktu tercepat kedua dalam balapan ini.

Aleix Espargaro (Aprilia Racing) merebut podium 3 di MotoGP Portugal, Minggu, 24 April 2022. (Aprilia)

Sementara itu, Maverick Viñales terpaksa memulai balap dari baris kelima karena beberapa kesulitan serta serangkaian nasib buruk yang menimpanya, yakni kehilangan posisi di awal dan turun kembali ke urutan ke-18. Seperti yang sering terjadi, di paruh kedua balapan, dia kemudian menemukan kecepatan yang bagus, lalu bersamaan dengan beberapa kecelakaan yang melibatkan pembalap di depannya, membuatnya finish di sepuluh besar.

”Ini membuat saya marah, karena dalam kondisi yang tepat saya bisa cepat, tapi sesi Sabtu (FP3) kemarin masih menjadi kelemahan kami,” ujar dia.

Adapun pembalap wild card Aprilia Racing Lorenzo Savadori tersingkir tanpa konsekuensi apapun tepat di lap terakhir. Namun, kembalinya dia ke lintasan balap setelah beberapa bulan membuatnya menguji beberapa peningkatan dalam balapan, baik dari segi sasis dan elektronik. Hal tersebut menjadi tugas penting penting untuk terus mengembangkan proyek MotoGP Aprilia.

Baca juga: Hasil MotoGP Argentina: Aleix Espargaro Juara, Quartararo Gagal Podium

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi