Formula 1: Kemenangan Beruntun Max Verstappen Tuai Pujian
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Senin, 9 Mei 2022 15:24 WIB
Max Verstappen merayakan kemenangan di F1 GP Miami, 8 Mei 2022. (Redbullcontentpool)

GOOTO.COM, Jakarta - Balap Formula 1 Grand Prix Miami, Amerika Serikat, pada Minggu, 8 Mei 2022, dimenangkan Max Verstappen (Red Bull Racing). Ini adalah kemenangan beruntun Verstappen setelah sebelumnya juga tampil sebagai juara pertama pada seri Italia. Dari lima kali balapan yang sudah digelar musim ini, pembalap Belanda itu sudah mengantongi tiga gelar juara pertama. Sedangkan dua gelar juara pertama lainnya direbut pembalap Ferrari, Charles Leclerc.

Di GP Miami, Verstappen mengalami balapan dari posisi tiga, tepat di belakang duo Ferrari (Leclerc dan Carlos Sainz). Meski demikian, performa RB18 tunggangan Verstappen cukup mumpuni dan hanya memerlukan sembilan lap untuk memimpin balapan.

Di lintasan sepanjang 5,4 km, selain mengangkat tropi di podium tertinggi F1 Miami, pembalap asal Belanda ini juga mampu torehkan waktu tercepat selama balapan, dengan 1 menit 31,361 detik. Balapan sebanyak 57 lap dengan total 308,3 km tersebut diselesaikan dalam waktu 1 jam 3 menit dan 24,258 detik.

Sri Adinegara selaku Market Development Director PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (PT EMLI), produsen pelumas Mobil 1, memberikan komentar perihal kemenangan back-to-back dari Max Verstappen, menang di GP Emilia-Romagna dilanjutkan dengan kemenangan di GP Miami.

“Max menyelesaikan balapan dengan sangat luar biasa, kemenangan kali ini tentunya juga menjadi catatan berharga, karena berhasil menjadi yang pertama menang, dan paling cepat di balapan GP Miami, meski start dari posisi tiga dan performa dari kompetitor juga sangat kencang,” kata Adinegara dalam keterangan resmi yang diterima Gooto, Senin, 9 Mei 2022.

Kemenangan yang diraih kali ini juga membuat Max lebih bangga naik podium, “Balapan yang luar biasa di GP Miami, sangat menguras fisik. Tapi kami bisa membuatnya tetap menyenangkan hingga akhir balapan.”

Verstappen mengakui meraih kemenangan dengan tidak mudah. “Tak ada pekan balapan yang mudah di F1, terutama di lintasan yang sangat menuntut seperti di sini. Itulah mengapa saya begitu bangga bisa memborong semuanya hingga akhir balapan. Hasil kinerja yang luar biasa dari tim Red Bull Racing,” ujar dia.

Sedangkan Sergio Perez yang punya potensi untuk bisa naik podium mengalami kendala mengejar pembalap lain yang memang kencang. Mesin tiba-tiba tak bisa melaju kencang, namun beruntung tak lama, Perez kembali mengejar ketertinggalan waktu hingga akhir balapan. “Saya sudah kerahkan semuanya di lintasan, sayang sekali ada kendala di mesin. Senang dengan Max bisa kembali naik podium, dan terima kasih kepada para penggemar yang memberikan semangat sepanjang lomba,” kata Perez.

Adinegara juga berharap balapan berikutnya yang akan digelar di GP Spanyol, 22 Mei 2022, akan bisa kembali dilanjutkan dengan kemenangan.

“Bagi Max, ada sejarah bagus di sirkuit Catalunya, yaitu meraih kemenangan pertama di F1 sebagai sebagai pembalap termuda pemenang balapan. Selama empat musim terakhir, Max juga selalu naik podium. Semoga tim bisa kembali menunjukkan potensial RB18, dan melanjutkan raihan perolehan podium hingga akhir musim.”

Dirinya juga menyampaikan bahwa pelumas yang digunakan oleh tim Red Bull Racing juga tersedia di pasar Indonesia seperti rangkaian produk pelumas Mobil 1 dan Mobil Super yang tersedia di bengkel-bengkel kesayangan Anda.

Di klasemen sementara Juara Dunia F1 2022, Max Verstappen duduk di posisi dua dengan 85 poin dan kian dekat mengejar Charles Leclerc yang saat ini memegang posisi puncak dengan 104 poin. Sedangkan Sergio Perez sebagai rekan setim Max, kini berada di posisi tiga dengan 66 poin. Begitu juga di klasemen tim, Red Bull Racing telah mengantongi 151 poin di posisi dua, terpaut 6 poin dari pemuncak klasemen.

Baca juga: Max Verstappen Bakal Gunakan Helm Spesial di Formula 1 Miami

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

#Max Verstappen
#Red Bull
#Charles Leclerc
#ExxonMobil
#Mobil 1
#Sergio Perez

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi