Formula 1: Tidak Ada Pengganti untuk Pembatalan Grand Prix Rusia
Reporter: Antara
Editor: Wawan Priyanto
Rabu, 18 Mei 2022 21:52 WIB
Dua Pembalap Mercedes Valtteri Bottas dan Lewis Hamilton memacu kendaraan mereka saat permulaan F1 GP Rusia, Sochi Autodrom, Sochi, Rusia, Ahad, 27 September 2020. REUTERS

GOOTO.COM, JakartaMusim balap Formula 1 2022 akan terdiri dari 22 balapan saja setelah pihak penyelenggara pada Rabu mengumumkan tidak akan menggantikan Grand Prix Rusia yang dibatalkan tahun ini.

F1 menjadwalkan rekor terbanyak 23 Grand Prix dalam satu musim tahun ini, namun balapan di Sochi, Rusia, yang seharusnya digelar 25 September, dibatalkan pada Februari dan kontraknya disudahi pada awal Maret menyusul invasi negara itu kepada Ukraina, demikian Reuters.

F1 menyatakan sebelumnya bakal mengisi kekosongan slot itu, dengan sejumlah opsi termasuk Qatar dan Turki serta balapan kedua di Singapura, akan tetapi karena bakal tidak ada balapan pengganti maka akan ada jeda sebelum balapan beruntun di Singapura dan Jepang.

Setelah menjalani tiga balapan beruntun di Belgia-Belanda-Italia pada 28 Agustus-11 September, akan ada jeda dua pekan sebelum dua balapan beruntun di Singapura-Jepang pada 2-9 Oktober.

Menambah satu balapan di Eropa dipandang memiliki tantangan logistik yang terlalu besar sedangkan suhu di Qatar, yang akan kembali ke kalender sebagai bagian dari kontrak 10 tahun, menimbulkan kekhawatiran.

Formula 1 berencana menambah lagi jumlah balapan pada musim depan, dengan balap malam hari di Las Vegas yang bakal debut sebagai seri ketiga di Amerika Serikat.

Baca juga: Perang dengan Ukraina Pecah, Bagaimana Nasib Formula 1 Rusia?

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

#Formula 1
#F1
#Rusia
#Ukraina
#Perang Rusia Ukraina

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi