Tesla Diperkirakan Masuk Indonesia Tahun Ini untuk Produksi Mobil Listrik
Reporter: Antara
Editor: Rafif Rahedian
Kamis, 19 Mei 2022 10:00 WIB
Elon Musk berbincang dengan Presiden Jokowi dalam kunjungan ke Space X di Boca Chica, Amerika Serikat, Sabtu, 14 Mei 2022. Di sela-sela lawatan presiden ke AS, Jokowi menyempatkan diri mengunjungi pabrik produksi roket luar angkasa tersebut. Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

GOOTO.COM, JakartaTesla dikabarkan telah menaruh minat untuk berinvestasi di Indonesia. Produsen EV terbesar itu diperkirakan bakal masuk ke Tanah Air pada tahun ini untuk memproduksi baterai kendaraan listrik dan mobil listrik.

Informasi tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia saat menghadiri acara Road to G20: Investment Forum ‘Mendorong Percepatan Investasi Berkelanjutan dan Inklusif’.

Namun dirinya belum mengetahui secara pasti bulan kapan Tesla masuk Indonesia. Bahlil juga bahkan tidak ingin menyebut nilai investasi yang digelontorkan produsen mobil listrik tersebut.

"Kalau ditanya kapan masuknya, insya Allah 2022 ini tapi saya belum bisa mengumumkan bulannya. Nanti tunggu lah, karena kita belum tanda tangan kesepakatan. Berapa investasinya, masih juga dirahasiakan, masih tunggu. Tapi ini barang bagus, barang gede," ujar dia.

Bahlil juga menerangkan, sebagian investasi Tesla tersebut nantinya akan dioperasikan di Batang, Jawa Tengah.

Terlepas dari itu, Bahlil mengaku mendapatkan tugas untuk merayu Foxconn untuk berinvestasi ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Sedangkan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan diminta melobi Tesla.

"Rayuan kita, gombalan kita waktu itu Foxconn lolos, masuk. Tesla masih tarik ulur. Alhamdulillah berkat tangan dingin dan intuisi Bapak Presiden, kemarin Tesla insya Allah akan masuk ke Indonesia," tutup dia.

Baca juga: Safety Car Formula E Porsche Taycan Turbo S Terlihat di Jalan Raya

ANTARA | TEMPO.CO

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

#Tesla
#Mobil Listrik
#Indonesia
#Investasi
#Kendaraan Listrik

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi