Marc Marquez akan Menjalani Operasi Lengan Kanan di AS
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Minggu, 29 Mei 2022 05:06 WIB
Pembalap Repsol Honda Team MotoGP, Marc Marquez, mempersiapkan diri turun ke lintasan saat hari pertama tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat, 11 Februari 2022. ANTARA/Andika Wahyu

GOOTO.COM, Jakarta - Tim Repsol Honda mengumumkan bahwa Marc Marquez akan naik meja operasi untuk mengatasi masalah pada tangan kanannya setelah MotoGP Italia, Sabtu, 28 Mei 2022. Meski demikian, juara dunia delapan kali itu masih akan tetap bertarung di MotoGP Mugello dengan menempati start dari posisi 11. 

Ini adalah operasi keempat kali yang akan dilakukan pada lengan kanannya setelah terjatuh pada MotoGP Spanyol 2020 silam. Operasi akan dilakukan di Mayo Clinic, Rochester, Minnesota, Amerika Serikat.

Menurut keterangan tim Repsol Honda seperti dilaporkan motogp.com, Marquez mengalami keterbatasan besar dalam beberapa bulan terakhir yang membuatnya tidak bisa tampil di level tertinggi. Alhasil, pembalap berusia 29 tahun itu memiliki menjalani operasi 18 bulan setelah operasi terakhirnya. 

Marquez akan terbang ke Amerika Serikat pada Selasa, 31 Mei 2022, dan menjalani operasi di bawah arahan Dr Joaquin Sanchez Sotelo. Setelah periode pasca operasi selesai, ia akan kembali ke Spanyol untuk memulai pemulihannya. Dokter kemudian akan menilai kondisi Marquez dan masa pemulihannya.

"Sayangnya, saya harus istirahat dari musim 2022 yang akan menjauhkan saya dari kompetisi untuk sementara waktu. Setelah berbulan-bulan bekerja keras dengan tim medis baru saya di Madrid, kondisi fisik saya telah membaik dan saya telah mengurangi ketidaknyamanan di lengan kanan saya untuk dapat bersaing di Grand Prix, tetapi saya masih memiliki keterbatasan signifikan pada humerus saya yang tidak memungkinkan saya mengendarai motor dengan benar," kata Marquez. 

“Bersama tim medis saya, Dr. Samuel Antuna dan Dr. Angel Cotorro, dan setelah berkonsultasi dengan spesialis dari Mayo Clinic, saya mengambil keputusan untuk melakukan operasi baru dengan tujuan untuk meningkatkan posisi saya di atas motor yang memungkinkan saya membalap tanpa batasan saat ini. Secara pribadi, saya memiliki motivasi dan antusiasme maksimal untuk terus bekerja dan berusaha untuk kembali bersaing di level tertinggi."

"Saya ingin berterima kasih kepada semua dukungan yang selalu ditunjukkan keluarga saya, orang-orang yang dipercaya di sekitar saya, Tim Repsol Honda, seluruh tim medis saya dan terutama semua penggemar yang selalu ada bersama saya di saat-saat baik dan buruk."

Dr Sanchez Sotelo menyampaikan bahwa Marquez akan menjalani intervensi bedah baru di Mayo Clinic untuk memperbaiki ketidaknyamanan di lengan kanan yang berasal dari hilangnya mobilitas di lengan.

"Operasi akan terdiri dari ekstraksi bahan osteosintesis dari bahunya yang terkait dengan osteotomi humerus untuk meningkatkan gerakan rotasi eksternal lengan dan menjaga stabilitas bahu," ujar dia.

Marc Marquez saat ini terpuruk di posisi ke-10 klasmen sementara MotoGP 2022 dengan total 54 poin dari enam seri yang sudah digelar. Prestasi terbaiknya adalah podium ketiga di seri pembuka, Qatar. Ia sempat absen di MotoGP Argentina setelah terjatuh dengan keras di Sirkuit Mandalika

MOTOGP.COM

Baca juga: Usai Terjatuh di Sirkuit Mandalika, Penglihatan Marc Marquez Terganggu

#Marc Marquez
#Repsol Honda
#MotoGP
#Sirkuit Mandalika
#MotoGP Italia

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi