Fabio Di Giannantonio Pole di MotoGP Italia, Berpeluang Podium
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Minggu, 29 Mei 2022 10:38 WIB
Fabio Di Giannantonio/Gresini Racing. (Gresini Racing)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Pembalap rookie Gresini Racing Fabio Di Giannantonio membuat kejutan dengan merebut pole position atau start terdepan pada sesi kualifikasi MotoGP Italia, Sabtu, 28 Mei 2022. Pembalap yang didukung Federal Oil ini mencatat waktu terbaik 1 menit 46,156 detik.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sedangkan rekan satu tim Di Giannantonio, Enea Bastianini, berada di posisi ke-10 setelah mencatat waktu 1 menit 46,679 detik.

Bagi Di Giannantonio, ini adalah pole position pertamanya di kelas MotoGP. Ia mengakui telah mempersiapkan dengan matang agar tidak mengecewakan tampil di balapan kandang.

“Saya tahu bisa melakukan yang terbaik, karena saya sangat mencintai sirkuit ini dan ingin mencetak hasil bagus di sini,” kata pembalap bernomor 49 ini dalam keterangan resmi, Minggu, 29 Mei 2022.

Di Giannantonio menyampaikan bahwa hasil maksimal pada sesi kualifikasi telah dipersiapkan sejak latihan awal, meski tak menargetkan pole position.

“Kami melakukan sesi kualifikasi Q1 dan Q2 yang di luar batas, saya terlalu fokus. Saya bahkan tak memerhatikan melihat gerimis hujan dan di akhir ternyata membuahkan hasil. Saya ingin mendedikasikan hasil ini untuk semua yang sudah mendukung saya,” ujarnya.

Pemenang tiga kali balapan musim ini, Bastianini, berhasil memantapkan Ducati Desmosedici GP21 bisa tembus Q2 meski dua kali terjatuh. Saat start nanti perlu strategi, karena kompetitor di titel Juara Dunia MotoGP 2022 tak jauh berada di depannya.

“Kita sedikit berada jauh di belakang, tapi kita sudah bekerja baik dan senang dengan kecepatan motornya. Dua kali terjatuh sama sekali tidak membantu, dan kondisi sirkuit di kualifikasi sangat menantang,” ujar pembalap bernomor 23 tersebut.

Bastianini juga memberikan selamat kepada Di Giannantonio yang bisa raih pole positon perdana di kelas MotoGP. Dirinya berharap bisa mengintip data yang dilakukan selama kualifikasi.

“Hal ini dilakukan agar memahami sejauh mana kita bisa melakukan penyempurnaan. Sejujurnya kami kehilangan kemampuan saat masuk tikungan di sektor ketiga, tapi ini jadi bagian permainan saat balapan nanti – kami berharap bisa start bagus saat balapan nanti,” tutur Bastianini.

Titel Juara Dunia MotoGP 2022 masih terbuka bagi Bastianini yang juga didukung Federal Oil. Pada klasemen sementara, Bastianini berada di posisi 3 dengan 94 poin, terpaut 8 poin dari pemegang titel semantara Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha). Sedangkan untuk Di Giannantonio berada di urutan 22 dengan total 3 poin.

Baca juga: MotoGP Italia: Fabio Di Giannantonio Pole, Fabio Quartararo P6

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi