Wuling EV Dibekali Baterai dengan Jarak Tempuh 200-300 Km
Reporter: Tempo.co
Editor: Wawan Priyanto
Jumat, 3 Juni 2022 05:27 WIB
Wuling EV diperkenalkan di Indonesia, 1 Juni 2022. TEMPO/Wawan Priyanto

GOOTO.COM, JakartaWuling memperkenalkan mobil listrik berukuran mini yang dipersiapkan untuk pasar Indonesia. Mobil itu masih belum diberi nama resmi, hanya dilabeli sebagai Wuling EV. 

Wuling juga masih menutup rapat informasi detail tentang mobil ini, khususnya bagian interior dan fiturnya. Meski demikian, Wuling membocorkan bahwa mobil ini akan dibekali baterai dengan kemampuan jarak tempuh antara 200 hingga 300 kilometer dalam sekali pengisian daya. 

Brand & Marketing Director Wuling Motors Indonesia Dian Asmahani mengatakan bahwa mobil listrik ini nantinya akan dirakit di pabrik Wuling di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. "Didatangkan secara terurai dari kantor pusat di Cina, dirakit di Cikarang," kata Dian di sela-sela pengenalan Wuling EV di Central Park, Jakarta Barat.

Wuling EV diperkenalkan di Indoensia, 1 Juni 2022. TEMPO/Wawan Priyanto

Menurut Dian, suku cadang Wuling EV sebagian besar masih didatangkan dari Cina. "Nanti perlahan kami akan meningkatkan kandungan lokalnya, sesuai dengan regulasi yang ditetapkan pemerintah," ujar dia.

Dian mengakui sejumlah besar bagian dari Wuling EV masih didatangkan dari Cina seperti baterai. Namun untuk bagian lainnya seperti ban, kaca, dan interior akan dikokalkan secara bertahap.

Wuling mulai membangun pabrik di Cikarang seluas 60 hektare pada 2015. Pabrik ini kemudian mulai beroperasi pada 2017 dengan produksi perdana adalah Wuling Confero.

Pabrik ini memiliki kapasitas produksi sebanyak 120 ribu unit per tahun. Pabrik Wuling Cikarang saat ini digunakan untuk memproduksi Confero, Cortez, dan Almaz. "Untuk mobil listrik ini sedang dipersiapkan, tentu memerlukan jalur sendiri dan masih berada di dalam komplek pabrik di Cikarang," tutur Dian.

Wuling EV diperkenalkan di Indonesia, 1 Juni 2022. TEMPO/Wawan Priyanto

Mobil listrik Wuling pertama yang akan dirakit di Cikarang adalah jenis city car, mirip Wuling Mini EV. Meski demikian, Wuling Indonesia mengklaim desain dari mobil listrik Wuling ini benar-benar baru yang didasarkan pada prototipe Wuling Global Smart Electric Vehicle (GSEV). 

Wuling mengatakan bahwa sebanyak 300 unit mobil listrik mungil ini akan menjadi official car partner KTT G20 di Bali pada November mendatang.

Baca juga: 300 Unit Mobil Listrik Mungil Wuling Jadi Kendaraan Resmi KTT G20

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

#Wuling EV
#Wuling
#Mobil Listrik
#KTT G20
#Motor Listrik

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi