Dukung Percepatan Kendaraan Listrik di Candi Borobudur, Dananya Capai Rp 6,8 T
Reporter: Antara
Editor: Rafif Rahedian
Senin, 6 Juni 2022 15:00 WIB
Peserta membentangkan bendera merah putih mengelilingi Candi Borobudur saat peringatan Hari Lahir Pancasila di Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Rabu, 1 Juni 2022. Dalam peringatan tersebut, peserta membentangkan bendera merah putih sepanjang satu kilometer. ANTARA FOTO/Anis Efizudin

GOOTO.COM, Jakarta - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dilaporkan bakal menukung percepatan kendaraan listrik di kawasan Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Langkah tersebut diambil sebagai wujud ekowisata atau greentourism.

Kabar ini dibenarkan pula oleh Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf, Vinsensius Jemadu. Dirinya mengharapkan kawasan Borobudur menjadi jawara dalam mengimplementasikan kendaraan listrik.

“Pada Mei 2022 Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno telah meresmikan layanan kendaraan listrik ramah lingkungan di Borobudur yang dapat digunakan wisatawan untuk berkeliling kawasan serta desa-desa wisata yang ada di sekitarnya," ujarnya kata dia, dikutip dari Antara.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan bahwa sudah ada motor listrik yang bisa dipakai oleh para pengunjung di kawasan Candi Borobudur. Nantinya, kata dia, kendaraan listrik akan dijadikan moda transportasi untuk menghubungkan titik-titik utama pariwisata.

"Titik-titik ini meliputi bandara, hotel, dan atraksi wisata. Dalam hal ini, dibutuhkan kolaborasi erat dan sinergi antar pemangku kepentingan, baik pemerintah pusat, daerah, badan usaha, dan pihak swasta, utamanya industri Kendaraan Bermotor Listrik (KBL) di Indonesia," ujarnya.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan hal serupa. Menurutnya, tersedianya stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) di destinasi wisata perlu dilakukan demi mewujudkan elektrifikasi di sektor pariwisata.

“Melalui penyediaan kendaraan pariwisata berbasis listrik dan SPKLU di destinasi pariwisata, diharapkan tahun depan kawasan Borobudur bersih dari mobil fosil sehingga kawasan Borobudur menjadi kawasan hijau,” kata dia, masih dikutip dari Antara.

Luhut menerangkan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memerintahkan pembangunan SPKLU dan penataan kawasan Candi Borobudur. Pemerintah, kata dia, telah menyiapkan dana sebesar Rp 6,8 triliun.

BacaPLN Bangun 27 SPKLU di Sejumlah Destinasi Wisata Indonesia

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

#Kendaraan Listrik
#Candi Borobudur
#Borobudur
#Kemenparekraf
#Motor Listrik

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi