Truk Mercedes-Benz Axor Euro 4 Hadir di Indonesia, Begini Kata Kemenperin
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Rabu, 8 Juni 2022 10:10 WIB
Mercedes-Benz Axor Euro 4 2022. (DVCI)

GOOTO.COM, Jakarta - Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) baru-baru ini telah memperkenalkan secara resmi truk Mercedes-Benz Axor pada Selasa, 7 Juni 2022. Truk baru tersebut diketahui telah menggunakan mesin diesel berstandar Euro 4.

Informasi tersebut dibenarkan langsung oleh General Manager DCVI Naeem Hassim. Dirinya menjelaskan bahwa Mercedes-Benz Axor hadir sebagai bentuk dukungan untuk pemerintah dalam penerapan standar Euro 4 pada 7 April 2022.

"Mercedes-Benz Axor Euro 4 dirancang dengan mesin OM 906 LA yang terbukti tangguh untuk masyarakat Indonesia, dengan dilengkapi teknologi selective catalytic reduction (SCR) dan ZPD pump. Kombinasi yang dapat mencapai efisiensi maksimal bagi operator," kata dia dalam rilis.

Sementara itu, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendukung penuh pengembangan Euro 4 di Indonesia. Menurutnya mereka ini adalah langkah konkret dalam menghadapi masalah perubahan iklim atau isu lingkungan.

“Penerapan ini dilakukan pemerintah sebagai bentuk kesiapan industri otomotif untuk menghasilkan produk yang dapat memberikan kontribusi pada pengurangan emisi serta lebih ramah lingkungan,” ujar Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin Taufiek Bawazier, dikutip dari Antara.

Lebih lanjut dirinya menyebut semakin tinggi emisi Euro maka semakin kecil batas kandungan gas karbondioksida, nitrogen oksida, karbonmonoksida, volatil hidrokarbon, dan partikel lain yang dapat berdampak negatif pada manusia dan lingkungan.

“Guna mendukung tujuan tersebut, misalnya dari sisi penyediaan bahan bakar, pemerintah telah mengimplementasikan standar dan mutu (spesifikasi) BBM jenis solar 51 dengan kandungan sulfur 50 ppm (setara Euro 4) dengan nama dagang Pertamina Dex,” kata dia.

Sekedar informasi tambahan, Axor Euro 4 dibekali sistem pembakaran SCR dan AdBlue yang akan menurunkan emisi setelah diproses di ruang bakar mesin. Sementara Zero Pressure Drain Unit Pump (ZPD Pump) menjadi global standar dari Jerman yang berfungsi mengurangi kebocoran bahan bakar (fuel leaking) di area plunger sehingga bahan bakar tidak tercampur dengan oli.

Baca: 6 Tips Merawat Mesin Diesel Toyota Berstandar Euro 4

TEMPO.CO | ANTARA

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

#Axor
#Euro 4
#Mercedes-Benz
#Truk
#Kemenperin

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi