Toyota Juara Balap Ketahanan 24 Hours of Le Mans 2022
Reporter: Antara
Editor: Wawan Priyanto
Senin, 13 Juni 2022 06:22 WIB
Mobil no #8 Toyota Gazoo Racing menjuarai balap ketahanan 24 Hours of Le Mans di Prancis, Sabtu-Minggu (11-12 Juni 2022). (Toyota)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaToyota Gazoo Racing sukses menjuarai balap ketahanan 24 Hours of Le Mans, Sabtu-Minggu (11-12 Juni 2022. Ini adalah kemenangan kelima kalinya secara beruntun yang direbut tim Toyota Gazoo Racing. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pembalap Swiss Sebastien Buemi, sekarang menyandang status empat kali juara Le Mans, dan debutan asal Jepang Ryo Hirakawa turut serta melakukan selebrasi kemenangan setelah bergantian mengemudikan mobil GR010 hypercar hybrid bernomor delapan.

Mobil Toyota nomor tujuh, dikendarai oleh juara tahun lalu Mike Conway asal Inggris, Kamui Kobayashi asal Jepang dan Jose Maria Lopez dari Argentina, sesuai prediksi membantu pabrikan Jepang itu finis 1-2 di Sirkuit La Sarthe.

Mobil Glickenhaus Racing nomor 709 yang dipiloti Richard Westbrook asal Inggris, Franck Mailleux (Prancis), dan Ryan Briscoe (AS) melengkapi podium, namun mereka seakan berada di level yang berbeda dari Toyota yang tak tiada tanding.

Hartley menjuarai Le Mans pada 2017 dengan Porsche dan pada 2020 bersama Toyota ketika ia mengisi bangku yang ditinggalkan juara dunia Formula 1 dua kali Fernando Alonso, setelah sang pebalap Spanyol meraih dua titel di Le Mans.

Buemi meraih keempat kemenangannya itu bersama pabrikan Jepang tersebut.

"Kecuali jika saya mengganti mobil, saya tidak akan dapat mengejarnya," kelakar Hartley, yang meraih pole position, seperti dikutip Reuters.

Toyota menjadi satu-satunya pabrikan besar yang bertarung di kelas hypercar yang diikuti lima mobil saja, situasi yang akan berubah tahun depan ketika Peugeot, Ferrari, Porsche, dan Cadillac siap meramaikan kompetisi di kelas paling bergengsi itu.

Kedua mobil Toyota bergantian memimpin lomba dan dipisahkan hanya beberapa detik pada 16 jam pertama sebelum terkena masalah teknis.

Lopez melaju pelan di Arnage pada lap 256 karena unit generator motornya membutuhkan penyetelan ulang di pinggir lintasan sebelum ia kembali ke garasi untuk pitstop selama lebih dari tiga menit, yang ternyata menjadi momen penentu di balapan tersebut.

Pembalap asal Argentina kemudian mengalami ban bocor dan kehilangan lebih banyak waktu.

Mobil Jota LMP2 nomor 38 yang dikendarai Antonio Felix da Costa (Portugal), Will Steven (Inggris) dan Roberto Gonzalez (Meksiko) menjadi pemenang di tier kedua.

Balapan yang pertama kali digelar pada 1923 dan sekarang melakoni edisi ke-90 itu start dengan kondisi cuaca cerah dengan 62 mobil yang disambut riuh 244.200 penonton yang hadir kembali di sirkuit menyusul pelonggaran pembatasan Covid-19.

Pebalap Amerika Serikat Josh Pierson mencetak sejarah sebagai debutan serta finisher termuda, menyelesaikan balapan di peringkat ke-10 di kategori LMP2 bersama United Autosports.

Aktor Michael Fassbender juga berpartisipasi di balik kemudi Porsche 911.

Keseluruhan peserta menggunakan bahan bakar 100 persen terbarukan untuk pertama kalinya di 24 Hours of Le Mans.

Baca juga: Toyota Gazoo Racing Juara 3 Kali Beruturut-turut di 24 Hours of Le Mans

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi