Sulap Mobil Tua Jadi Kinclong
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 17 Februari 2009 21:08 WIB
TEMPO Interaktif, Bagi penggemar otomotif di Jakarta, kawasan Kalimalang di Jakarta Timur mungkin sangat dikenal sebagai salah satu pusat "tata rias" bodi karena banyaknya bengkel cat dan las yang mampu mengembalikan tampilan bodi mobil seperti kembali "muda".

Di antara ratusan bengkel besar di kawasan itu ada beberapa yang mengkhususkan jasa mereka pada perbaikan bodi mobil mobil tua, atau mungkin lebih tepatnya, tempat para penggemar mobil tua membawa mobil mereka untuk disulap.

Salah satu bengkel itu adalah Asis Motor di Jalan Pondok Kelapa Raya. Dari jalan garasi bengkel berukuran lebih kurang 600 meter persegi itu sudah terlihat beberapa VW kombie, dengan cat yang sudah rampung atau baru diberi cat dasar.

Melongok lebih dalam ke pagarnya akan terlihat bodi- bodi berkarat mobil tua yang semuanya adalah produksi VW.

"Kalau kondisinya seperti ini kita ganti dengan plat baru" kata Pepen, salah seorang montir berusia sekitar 30 tahun di bengkel itu, sambil menepuk bodi sebuah VW kombie yang sebagian keropos karena karat. Lebih dari sekadar bengkel cat, tempat juga menerima pesanan membangun badan baru bagi mobil-mobil tua. "Istilahnya beli bahan, terus kita garap di sini, kata Pepen"

Penggantian pelat di bagian-bagian yang berkarat itulah yang menurut Pepen membuat jasa yang ditawarkannya cukup tinggi. "Kalau kombie bisa 17 juta, kodok sekitar delapan," lanjut Pepen.

Proses itu juga memakan waktu panjang. Satu mobil ukuran kombie dengan penggantian pelat bodi hingga 50 persen bisa memakan waktu empat bulan. "Tapi yang namanya hobi kan tetap aja," kata Pepen yang pernah memperbaiki mobil dari Solo atau Balikpapan. "Mobil Eropa memang begitu, kalau mobil Jepang paling hanya dua bulan," jelas Pepen. Perbedaan itu muncul karena lapisan bodi mobil-mobil eropa lebih tebal dan umumnya terdiri dari lapisan luar dan lapisan dalam.

Lain Bengkel lain harga, Bengkel Tune Motor di Jalan Raden Inten mengatakan harga pengerjaan seperti yang dilakukan Asis Motor bisa di atas 25 juta untuk sebuah mobil VW kodok.

"Kalau mau orisinil semua ya segitu, kalau mau mirip-mirip aja ya bisa lebih murah, tutur Dedy, seorang montir di bengkel itu. Salah satu yang dibanggakan Dedy adalah VW kodok berwarna merah muda yang berkilat ditimpa cahaya matahari. "Ini pernah dipinjam band buat videoklip, udah lima tahun warnanya bertahan seperti dulu" terang Dedy.

RONALD

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi