Balitbang Kemhan Sedang Mengkaji Motor Listrik untuk Militer
Reporter: Antara
Editor: Rafif Rahedian
Jumat, 1 Juli 2022 06:05 WIB
Petugas mengganti baterai motor listrik dalam pameran Festival Energi Terbarukan [RE]Spark di Jakarta, Kamis 2 Juni 2022. Kegiatan tersebut dalam rangka memfasilitasi startup energi terbarukan yang telah tergabung dalam program inkubasi dan akselerasi New Energy Nexus Indonesia serta mitra-mitra startup inovatif lainnya untuk menunjukan inovasinya demi tercipta ekonomi hijau di Indonesia. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta -  Kementerian Pertahanan (Kemhan) mendukung percepatan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Salah satu langkah yang mereka lakukan adalah mencoba menghadirkan motor listrik atau electric tactical motor bike untuk militer.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Hal itu dibenarkan langsung oleh Kapuslitbang Alpahan Balitbang Kemhan Arif Harmanto. Dirinya menjelaskan bahwa motor listrik untuk militer ini merupakan karya nyata anak bangsa yang diuji oleh PT Eltran Indonesia (anak perusahaan Lembaga Elektroteknika Nasional/LEN).

"Kami terus mengkaji dalam FGD (focus group discussion) atau diskusi terstruktur dengan topik yang ditentukan ini sebagai sebuah tahapan dalam penelitian pengembangan. Pada prinsipnya litbang pertahanan ini yang menjadi tujuan utama adalah bagaimana produk litbang ini bisa digunakan oleh user," kata dia, dikutip dari Antara.

Lebih lanjut Arif menyebut FGD ini menjadi sebuah tahapan dari litbang. Dalam forum tersebut, perekayasaatau peneliti juga akan berdiskusi dengan pengguna.

Sepeda Motor listrik untuk militer ini dilaporkan telah dikaji dan diuji di Badan Penelitian dan Pengembangan Pertahanan Kemhan pada 28 Juni 2022. Arif pun berharap motor listrik itu bisa dioperasikan untuk militer.

Menurutnya, kendaraan taktikal sangat diperlukan untuk mendukung kerja operasi pasukan khusus di jalanan hutan yang terjal dan berkelok dengan konsep operasi senyap.

"Tujuan akhirnya hasil litbang ini bermanfaat untuk user. Bagaimana bisa bermanfaat? Tentu harus sesuai dengan apa yang diinginkan user. Maka dari itu, forum ini mencari masukan dari user, dari inisial desain, kami minta masukan dari user. Dari situ kami coba akomodasi apa-apa yang menjadi kebutuhan user," jelas dia.

Hal senada juga diutarakan oleh GM Pemasaran dan Penjualan PT Eltran Ridwan. Dirinya mengatakan bahwa pengembangan motor listrik ini dibangun dengan sejumlah masukan dari pihak terkait.

"Jadi, kami melakukan pengembangan penelitian motor listrik, dan sekarang sudah berjalan sesuai dengan roadmap, terus memperkenalkan serta meminta masukan-masukan dari pihak kesatuan yang lainnya dari TNI. Dengan begitu, motor yang dikembangkan bisa sesuai dengan penggunaan operasinya," ujarnya.

Baca5 Langkah Beli Pertalite Pakai MyPertamina, Pengendara Wajib Tahu

ANTARA

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi