Tips Keselamatan Berkendara Menghindari Insiden Serupa Kecelakaan Mini Cooper di Gandaria
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Kamis, 7 Juli 2022 15:00 WIB
MINI Cooper S prototype. FOTO/autoblog.com/twitter / Greg Kable

GOOTO.COM, Jakarta -  Pengandara Mini Cooper dilaporkan menabrak dua motor dan satu mobil di Jalan Gandaria 1, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada sabtu, 2 Juli 2022. Insiden ini pun membuat dua orang mengalami luka-luka.

Kecelakaan tersebut dilaporkan terjadi setelah mobil Mini Cooper yang dikendarai BT (40) datang dari arah selatan ke utara. Mobil mewah itu berusaha untuk menyalip kendaraan yang ada di depannya.

Akan tetapi Mini Cooper justru masuk ke jalur berlawanan sehingga menabrak sepeda motor. Maka dari itu, redaksi Gooto.com saat ini mencoba untuk memberikan tips keselamatan berkendara yang aman saat menyalip. Berikut ulasannya:

Perhatikan Keamanan

Sebelum mendahului kendaraan lain, sebaiknya lihat kondisi jalan sekitar. Lihat apakah ada rambu dilarang mendahului karena kondisi jalan yang tidak memungkinkan.

Perhatikan juga visibilitas jelas sebelum menyalip dan pastikan tidak ada kendaraan lain dari arah berlawanan. Hindari menyalip saat visibilitas kurang jelas, misalnya saat hujan deras atau saat berada di tikungan.

Jangan Asal Ikuti Kendaraan di Depan

Pengendara saat ini kerap kali menyalip dengan mengikuti kendaraan di depan. Padahal hal tersebut sangat berbahaya dan berpotensi menyebabkan kecelakaan beruntun.

Mobil yang kita buntuti mungkin sudah memperhitungkan ruang yang cukup saat sedang menyalip, namun ruang tersebut tidak cukup saat kita menyalip. Selain itu, menyalip mengikuti kendaraan di depan juga membuat kita tidak memiliki visibilitas yang baik.

Pastikan Kondisi Mobil Mampu Menyalip

Saat hendak menyalip kendaraan di depan, pastikan performa mobil dalam kondisi baik dan tidak membawa beban yang berat. Jangan sampai bobot yang berat membuat laju kendaraan tidak maksimal dan justru membahayakan diri saat sedang menyalip.

Pastikan Lampu Sein Menyala

Pastikan lampu sein dinyalakan saat hendak menyalip kendaraan lain. Hal ini akan menjadi penanda bagi pengguna jalan lain agar mereka bisa waspada bahwa ada kendaraan lain yang hendak mendahului.

Jangan lupa untuk mengakselerasikan kendaraan lebih cepat daripada seharusnya ketika menyalip, supaya tidak membahayakan pengendara lain.

BacaKontraknya di Aston Martin Segera Habis, Bagaimana Nasib Sebastian Vettel?

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

#Keselamatan Berkendara
#Mini Cooper
#Tips
#Kecelakaan
#Menyalip

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi