Mazda6, Mobil Teraman Dunia
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 20 Februari 2009 22:55 WIB
TEMPO Interaktif, Hiroshima: New Mazda6 secara resmi dinobatkan sebagai satu mobil paling aman di dunia. Sedan andalan Mazda itu mendapatkan peringkat tertinggi yakni 5 bintang dari European New Car Assessment Programme (Euro NCAP) dalam penghargaan uji performa keamanan kombinasi di tahun 2009.

Euro NCAP adalah badan independen yang memiliki otoritas transportasi di negara-negara bagian Eropa. Badan ini telah memberikan penghargaan keamanan sejak 1997.

Dibandingkan sebelum-sebelumnya, tahun 2009 ini, Euro NCAP menerapkan sistem penilaian yang lebih ketat. Ada empat faktor yang dinilai yaitu perlindungan terhadap penumpang dewasa, perlindungan terhadap anak-anak, perlindungan terhadap pejalan kaki, dan bantuan keamanan.

“Peringkat keamanan tertinggi dari Euro NCAP kepada Mazda 6 adalah refleksi dari kemajuan yang telah Mazda ciptakan dalam memadukan kenyamanan berkendara dengan faktor keamanan serta dukungan terhadap lingkungan," kata Seita Kanai, senior managing executive Mazda yang bertanggung jawab pada bagian penelitian dan pengembangan serta program manajemen.

Penghargaan Mazda6 atau yang di Jepang dikenal dengan Mazda Atenza ini bukanlah yang pertama. Sebelumnya, Mazda 5 (Mazda Premacy) juga mendapat nilai sama pada September 2005 dan Mazda 2 (Mazda Demio) pada Desember 2007.

Raju Febrian

#Otomotif
#Universitas Pendidikan Indonesia

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi