Baterai ABC dan SWAP Energi Percepat Peralihan Motor Listrik
Reporter: Antara
Editor: Rafif Rahedian
Jumat, 29 Juli 2022 15:00 WIB
Petugas mengganti baterai motor listrik dalam pameran Festival Energi Terbarukan [RE]Spark di Jakarta, Kamis 2 Juni 2022. Kegiatan tersebut dalam rangka memfasilitasi startup energi terbarukan yang telah tergabung dalam program inkubasi dan akselerasi New Energy Nexus Indonesia serta mitra-mitra startup inovatif lainnya untuk menunjukan inovasinya demi tercipta ekonomi hijau di Indonesia. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

GOOTO.COM, Jakarta - Perusahaan penyedia baterai motor listrik SWAP Energi Indonesia dilaporkan menjalin kerja sama dengan pabrikan baterai PT International Chemical Industry (Baterai ABC). Langkah ini dilakukan untuk mempercepat peralihan ke motor listrik.

SWAP Energi menjelaskan bahwa Baterai ABC berperang penting dalam mendukung transisi penggunaan kendaraan listrik di Indonesia. Saat ini ABC diklaim telah memproduksi cell cylindrical dalam bentuk baterai pack untuk kendaraan listrik.

Kabar tersebut dibenarkan langsung oleh Marketing Director PT International Chemical Industry (Baterai ABC Lithium) Hermawan Wijaya. Dirinya mengatakan bahwa pihaknya sudah membuat baterai motor listrik sejak 2019 lalu.

Akan tetapi, kondisi pandemi Covid-19 menjadi sebuah tantangan bagi perusahaan untuk memproduksi baterai motor listrik. Kini mereka akhirnya bisa menciptakan baterai kendaraan listrik mulai tahun 2022.

Bahan yang digunakan dalam pembuatan baterai motor listrik ABC tersebut, kata Hermawan, adalah Lithium Ferro Phosphate. Menurutnya, material itu dipilih ABC karena bahannya tidak mudah terbakar dan daya tahannya lebih lama.

Sementara itu, founder PT SWAP Energi Indonesia Irwan Tjahaja menyebut kerja sama dengan Baterai ABC bakal mempercepat produksi dan penyediaan baterai berkualitas. Dengan begitu, kata dia, pengendara motor listrik di Indonesia bakal mendapatkan keamanan dan kenyamanan.

Kali ini SWAP dilaporkan telah menyediakan lebih dari 400 titik SWAPPoin melalui jaringan Alfamart, Alfamidi, dan Shell di area Jabodetabek. Selain itu perusahaan juga menaruh SWAPPoin sebanyak puluhan unit di jaringan Circle-K.

Baca juga: Keluarga Jadi Salah Satu Alasan Sebastian Vettel Pensiun dari Formula 1

ANTARA

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

#Motor Listrik
#Baterai
#Swap Energi Indonesia
#Kendaraan Listrik
#Baterai Motor Listrik

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi