Toyota dan Panasonic Bermitra dengan Ioneer untuk Baterai Kendaraan Listrik
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 2 Agustus 2022 18:00 WIB
Presiden Toyota Motor Corp Akio Toyoda (kiri) dan Presiden Panasonic Corp Kazuhiro Tsuga menghadiri konferensi pers bersama di Tokyo, Jepang, 13 Desember 2017. - REUTERS

GOOTO.COM, Jakarta - Perusahaan baterai bersama Toyota dan Panasonic dilaporkan bakal membeli lithium dari proyek penambangan Rhyolite Ridge Ioneer Ltd. Nantinya logam buatan Ioneer ini akan dijadikan sebagai baterai kendaraan listrik di Amerika Serikat.

Menurut laporan Reuters, kesepakatan tersebut telah diumumkan pada Minggu, 31 Juli 2022. Ioneer dikabarkan bakal memasok 4.000 ton lithium karbonat setiap tahun selama lima tahun ke perusahaan bersama Toyota dan Panasonic, yakni Prime Planet Energy & Solutions (PPES).

Kabar tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Eksekutif ioneer James Calaway. Dirinya menjelaskan bahwa pasokan baterai lithium tersebut dijadwalkan mulai tahun 2025.

"Seluruh tujuan dari perjanjian ini adalah agar lithium ini digunakan di Amerika Serikat," kata James Calaway seperti dilansir Gooto.com dari situs berita Reuters, hari ini, Selasa, 2 Agustus 2022.

Kesepakatan PPES dengan Ioneer bakal menghasilkan suku cadang baterai kendaraan listrik di Amerika Serikat. PPES juga dikabarkan bakal mempertimbangkan membangun pabrik baterai di Carolina Utara bagian barat.

Sementara itu Presiden PPES Hiroaki Koda menyebut kesempatan ini memberikan langkah pertama bagi perusahaannya untuk mengamankan pasokan baterai lithium Amerika Serikat. Ia mengaku bahwa pihaknya percaya dengan teknologi yang dimiliki Ioneer.

Nantinya Ionner akan memasok lithium ke PPES sekitar 150.000 unit baterai kendaraan listrik per tahun. Akan tetapi angka tersebut nantinya bakal mengalami perubahan, tergantung pada desain dan faktor lainnya.

Baca juga: Selain Sebastian Vettel, Daniel Ricciardo Juga Pensiun dari Formula 1

REUTERS

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

#Toyota
#Panasonic
#Baterai Kendaraan Listrik
#Baterai
#Lithium
#Baterai Lithium

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi