Mazda Ikut Uji ITS Safety 2010
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 24 Februari 2009 20:13 WIB
TEMPO Interaktif, Hiroshima: Mazda Motor Corporation menyertakan Mazda MPV dan Mazda Atenza atau yang juga dikenal dengan Mazda6 dalam gabungan uji coba Intelligent Transportation Systems (ITS) 2010 otomotif di Jepang. Nanti mobil ini akan digunakan dalam acara demontrasi publik pada 25-28 Februari 2009 di Distrik Odaiba, Tokyo.

Tes ITS Safety 2010 ini dilakukan Dewan Promosi ITS, komite yang dibentuk antara masyarakat dan organisasi swasta Jepang untuk pengujian teknologi keselamatan terkini dalam skala besar. Tujuan utama program ini adalah untuk menjadikan Jepang sebagai negara yang memiliki jalan teraman di dunia.

Pengujian ITS bertujuan memastikan efektifitas kemajuan sistem teknologi cerdas otomotif yang telah dikembangkan bersama melalui kerjasama antara sektor publik dan sektor swasta. Ini termasuk pengaturan yang diperlukan aparat di jalan umum, melakukan verifikasi bahwa teknologi ITS tersebut dapat dioperasikan antar produsen mobil dan aplikasinya dalam berkendara di kondisi nyata.

Mazda telah terlibat dalam validasi pengujian ITS di jalan umum di daerah Hiroshima sejak tahun 2006. Perannya sebagai anggota dari konsorsium pemerintah daerah, lembaga-lembaga akademis dan industri yang mensponsori pengujian ITS lokal, telah mengembangkan sistem navigasi kendaraan yang mendukung teknologi ITS.

Sampai saat ini Mazda telah melengkapi sekitar 50 kendaraan yang dikemudikan oleh mitra konsorsium dan anggota masyarakat yang berhubungan dengan sistem keamanan ITS.

Data yang dikumpulkan dari kendaraan-kendaraan ini digunakan untuk menganalisa karakteristik unik dari infrastruktur lalu lintas local seperti jembatan besar dengan tingkat visibilitas yang kurang atau jembatan yang digunakan bersama-sama oleh kendaraan dan streetcars (kereta tram).

Raju Febrian

#Otomotif
#Universitas Pendidikan Indonesia

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi