Tahun Ini Mitsubishi Bidik 15 Persen Pasar  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 25 Februari 2009 14:28 WIB
TEMPO Interaktif, Jakarta: Krisis keuangan global rupanya tak membuat PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) pesimistis menghadapi tahun 2009. Pemegang merek Mitsubishi di Indonesia itu justru menaikkan target pangsa pasarnya menjadi 15% atau di angka 60.000 unit.

Fumio Kuwayama, Presiden Direktur PT KTB mengatakan penetapan target ini berdasarkan prestasi Mitsubishi di tahun 2008 lalu. Sepanjang tahun kemarin, Mitsubishi berhasil menjual 87.524 unit kendaraan dengan pangsa pasar 14,4%.

Ditambah lagi, penjualan Mitsubishi pada bulan Januari 2009 bisa mencapai angka 5675 unit atau 15,6% pangsa pasar. Angka ini menempatkan Mitsubishi diperingkat kedua penjualan nasional.

"Jika prestasi dan kinerja tahun 2008 dan bulan Januari lalu bisa dipertahankan kami yakin akan bisa memenuhi target 15 persen pangsa pasar," kata Fumio dalam temu wartawan di Blackcat, Plaza Arcadia, Jakarta, Selasa (24/2) siang.

Fumio mengatakan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memprediksikan penjualan otomotif nasional tahun ini mengalami penurunan di angka 400 ribu unit. Sedangkan tahun lalu total penjualan nasional menembus angka 600 ribu lebih. Namun ia percaya di kuartal ketiga sampai akhi tahun pasar akan mengalami perbaikan.

"Situasi ekonomi Indonesia atau Asia umumnya, tidak separah Eropa, Jepang, atau Amerika Serikat. Jadi kami yakin pasar otomotif nasional akan tetap tumbuh," katanya.

Sementara itu, Rizwan Alamsyah Direktur Marketing PT KTB mengatakan Pemilihan Umum yang akan berlangsung tahun ini takkan banyak mempengaruhi. Manurutnya, ketika Pemilu 2004, Mitsubishi justru mencatat rekor penjualan tertinggi. "Jadi yang dagang ya dagang yang politik ya politik," katanya.

Guna mencapai target tersebut, Mitsubishi berencana melansir delapan model kendaraan sepanjang tahun ini. Meski tidak mau mengungkapkan apa saja namun salah satunya kemungkinan adalah Pajero Sport. Apa yang lainnya? Kita tunggu saja.

RAJU FEBRIAN

#Otomotif
#Mitsubishi

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi