Penyebab Kunci Mobil Tidak Bisa Dicabut dan Cara Mengatasinya
Reporter: Hilman Haikhal Zainubi
Editor: Wawan Priyanto
Jumat, 26 Agustus 2022 10:22 WIB
Ilustrasi kunci mobil. TEMPO/Wawan Priyanto
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Kunci mobil tidak bisa dicabut pastinya kita akan kebingungan dan panik saat hal ini terjadi. Walaupun di zaman sekarang ada teknologi baru untuk menyalakan dan mematikan mesin tanpa kunci, penggunaan kunci mobil masih terus digunakan.

Jika Anda mengalami hal ini, jangan terburu-buru dan memaksakan secara kasar untuk mencabut kunci. Pemaksaan akan berakhir buruk bila dilakukan.

Berikut penyebab kunci mobil tidak bisa dicabut, menurut Auto2000:

1. Posisi Transmisi Belum Netral

Sebelum mesin dimatikan, transmisi perlu diatur ke posisi park yang memiliki simbol huruf P untuk mobil matic dan netral untuk mobil manual. Pada beberapa mobil, ketika transmisi belum ada di posisi yang benar maka kunci mobil tidak akan bisa dicabut. Jadi pastikan Anda mengatur transmisi ke posisi semestinya agar kunci mobil dapat dicabut dengan mudah. 

2. Kunci Mobil Bengkok

Kunci mobil yang bengkok sudah pasti akan sulit dicabut. Jika Anda terbiasa memutar dan mencabut kunci mobil dengan cara yang kasar maka tidak heran kalau akhirnya kunci jadi bengkok. Kunci yang sudah bengkok atau bahkan terdapat retakan pasti tidak akan bisa dicabut. 

3. Slinder Kontak Bermasalah

Silinder kontak atau kunci kontak merupakan komponen tempat Anda memasukkan kunci mobil. Masalah dalam silinder kontak diakibatkan karena pegas yang tidak sejajar. Selain itu jika dalam silinder kontak terdapat debu yang menumpuk maka kunci juga tidak dapat dicabut. 

4. Kemudi Terkunci

Masalah dalam silinder kontak diakibatkan karena pegas yang tidak sejajar. Selain itu jika dalam silinder kontak terdapat debu yang menumpuk maka kunci juga tidak dapat dicabut. 

Dilansir dari Auto2000, berikut solusi darurat untuk kunci mobil tidak bisa dicabut:

1. Aktifkan Rem Tangan

Sebelum mencoba beberapa cara berikut, ada baiknya untuk mengaktifkan rem tangan. Hal ini perlu dilakukan untuk memastikan mobil tidak bergerak saat Anda mencoba mengeluarkan kunci.

2. Coba Tekan dan Putar Kunci Perlahan

Setelah rem tangan digunakan, cobalah untuk menekan kunci sedikit lalu putar kemudi secara perlahan. Putar kemudi ke kiri dan kanan untuk mencari celah kosong bagi kunci agar dapat berputar. 

3. Atur Transmisi dalam Posisi Tepat

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa posisi transmisi yang tidak berada pada tempatnya akan membuat kunci mobil tidak bisa dicabut. Kalau benar bahwa transmisi belum ada di posisi park maka Anda bisa langsung mengaturnya ke posisi tersebut. Kemudian coba lagi untuk memutar kunci dan mencabutnya. 

4. Berikan Pelumas

Kunci dan silinder kontak bisa aus atau terganggu karena adanya kotoran. Anda perlu membersihkan kotoran tersebut agar kunci dapat bergerak lagi seperti sediakala. Anda bisa melakukannya dengan memberikan pelumas ke silinder kontak. Semprotkan cairan sedikit dan biarkan selama beberapa menit. Kemudian coba lagi untuk memutar dan mencabut kunci.

Baca juga: Lampu Sein Mobil Tidak Berkedip, Ketahui 5 Penyebabnya

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi