Formula 1: FIA Turun Tangan dalam Perselisihan Kontrak Oscar Piastri
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 30 Agustus 2022 12:34 WIB
Pembalap Formula 2 dari tim Alpine, Oscar Piastri. REUTERS/Nacho Doce/File Photo

GOOTO.COM, Jakarta - Otoritas balap mobil dunia FIA turun tangan dalam perselisihan kontrak Oscar Piastri di Formula 1. Itu terjadi setelah sang pembalap diperebutkan oleh dua tim pabrikan berbeda, yakni Alpine dan McLaren.

Kini FIA bakal memutuskan tim pabrikan mana yang berhak memakai jasa Oscar Piastri melalui pengadilan abritase FIA. Dengan begitu, masa depan sang pembalap bakal diketahui dalam waktu dekat ini.

Sebelumnya Oscar Piastri secara kontrak diwajibkan untuk tampil bersama Alpine di Formula 1. Akan tetapi pembalap berkebangsaan Australia tersebut dilaporkan sudah menjalin kesepakatan dengan McLaren.

Bos tim pabrikan Alpine, Otmar Szafnauer menjelaskan bahwa Piastri masih terikat kontrak dengan tim dan memiliki peluang untuk promosi ke Formula 1 musim depan. Namun sang pembalap membantah pernyataan itu.

"Saya tidak akan memulai untuk Alpine tahun depan," kata Oscar Piastri seperti dikutip Gooto.com dari situs berita Speedweek hari ini, Selasa, 30 Agustus 2022. 

Melihat situasi ini, Otmar Szafnauer mempertanyakan intregitas pembalap muda tersebut. Hal senada juga disampaikan oleh Direktur Mercedes, Toto Wolff. "Penting bahwa program pemuda dari tim diperlakukan dengan hormat," kata Toto Wolff, dikutip dari Speedweek.

Sementara itu bos tim pabrikan Red Bull Racing RBPT Christian Horner juga ikut mengomentari perselisihan kontrak Oscar Piastri di Formula 1. Menurut dia, hal ini seharusnya tidak pernah terjadi jika kontraknya jelas.

"Secara kontrak, itu seharusnya tidak pernah terjadi. Jika Renault atau Alpine telah berinvestasi dalam karier mudanya (Oscar Piastri). Dan itu harus dihargai dengan kesetiaan," kata Horner.

“Saya tidak mengerti apa yang terjadi dalam kontrak, tetapi jika Piastri berada dalam posisi di mana dia tidak berpikir dia harus membalap untuk Alpine tahun depan, maka ada sesuatu yang salah. Mudah-mudahan semuanya akan diklarifikasi,” tutup dia.

Baca juga: Crash di Formula 1 Belgia, Lewis Hamilton Akui Kesalahannya

SPEEDWEEK

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

#Oscar Piastri
#FIA
#Formula 1
#Kontrak
#ALPINE
#McLaren

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi