Bupati Sumenep Pakai Mobil Listrik Hyundai Ioniq sebagai Kendaraan Dinas
Reporter: Antara
Editor: Rafif Rahedian
Jumat, 16 September 2022 18:00 WIB
Bupati Sumenep Achmad Fauzi (kiri) berjalan di depan mobil listrik Hyundai yang menjadi kendaraan dinasnya di halaman Gedung Negara Grahadi, Surabaya, pada Rabu, 11 Mei 2022. FOTO: ANTARA/Hanif Nashrullah.

GOOTO.COM, Jakarta - Bupati Sumenep Achmad Fauzi dilaporkan telah mennggunakan mobil listrik sebagai kendaraan dinas. Dirinya diketahui sudah menggunakan Hyundai Ioniq sebelum Inpres Nomor 7 tahun 2022 ditandantangani.

Sekedar informasi, Inpres Nomor 7 tahun 2022 membahas tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai sebagai Kendaraan Dinas Operasional dan atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Menurut laporan Antara, Achmad Fauzi diklaim menjadi satu-satunya kepala daerah di Jawa Timur yang telah menggunakan mobil listrik sebagai kendaraan dinas. Mobil dinas Hyundai Ioniq miliknya diketahui memiliki pelat nomor M 1 VP.

"Ini selaras dengan percepatan pelaksanaan program penggunaan atas kendaraan bermotor listrik berbasis baterai untuk mencapai zero net emission pada 2060," kata dia, dikutip dari Antara.

Lebih lanjut Fauzi menjelaskan bahwa sejak Presiden Jokowi menekan Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai, dirinya antusias ikut mengkampanyekan kendaraan listrik.

"Sudah satu tahun lebih kami konsisten dalam mendorong era kendaraan listrik serta penggunaannya," kata Bupati berciri khas menggunakan blangkon itu menambahkan.

Bukan hanya mobil listrik, Achmad Fauzi juga telah menggunakan motor listrik untuk operasional kecamatan dan desa. "Motor listrik sudah mulai kita uji coba di beberapa kecamatan dan desa, ke depan kita akan perkuat infrastrukturnya," jelas dia.

Selain itu dirinya juga rajin mengajak masyarakat setempat untuk beralih menggunakan mobil listrik dan motor listrik. Karena ia meyakini bahwa kendaraan listrik bisa menjadi solusi dari kenaikan harga BBM.

"Kita sudah mulai mengajak masyarakat untuk beralih menggunakan mobil listrik satu tahun yang lalu, ini bagian dari upaya kita dalam rangka ramah lingkungan. Dan Alhamdulillah di Sumenep sudah banyak yang pakai sepeda motor listrik," tutup dia.

Baca Juga: Wapres Ma'ruf Amin Pastikan Kendaraan Listrik G20 Bisa Dibeli

ANTARA

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

#Mobil Listrik
#Hyundai Ioniq
#Kendaraan Dinas
#Sumenep
#Bupati
#Kendaraan Listrik

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi