Tips Berkendara Aman di Jalan Berbukit Versi Daihatsu
Reporter: Hilman Haikhal Zainubi
Editor: Rafif Rahedian
Kamis, 29 September 2022 17:24 WIB
Interior Daihatsu Gran Max Facelift, 30 Agustus 2022. TEMPO/Hilman Haikhal Zainubi
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Daihatsu mengadakan acara Auto Clinic di Daihatsu Astra Biz Center, Bandung, Jawa Barat pada 25 September 2022. Acara tersebut mengundang 20 komunitas mobil resmi binaan Daihatsu untuk bersilaturahmi.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Selain sekedar bersilaturahmi, kegiatan ini sekaligus berbagi tips berkendara aman khususnya di jalan berbukit sesuai dengan jalan Bandung yang memiliki kontur dan medan jalanan naik-turun.

Acara ini dibuka oleh Kepala Cabang Astra Daihatsu Bandung, Iwan Panji Prabowo. Kemudian dilanjutkan dengan sesi pelatihan di dalam kelas serta praktek dalam berkendara oleh Sony Susmana, Senior Instructure Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI).

Secara teknis, medan jalan yang menanjak dan menurun memiliki potensi bahaya yang dapat disebabkan oleh faktor internal yaitu kurangnya kemampuan mengemudi. Selain itu ada juga faktor eksternal yaitu seperti kendaraan besar yang melaju di sekitar, kondisi permukaan jalan yang licin, jalan rusak, hingga kondisi area pegunungan lebih sering hujan dan berkabut.

Dalam menghadapi kedua faktor tersebut, berikut tips yang dapat diterapkan saat jalan menanjak dan menurun yaitu selalu mempertimbangkan ketinggian, panjang, dan ujung tanjakan-turunan. Kenali kemampuan dalam berkendara dan juga kemampuan kendaraan yang digunakan.

Selain itu, pengendara juga harus selalu jaga jarak, jangan di belakang kendaraan besar saat menanjak dan tidak disarankan berada di depan kendaraan besar saat di turunan.

Head People Development Department Customer Satisfaction & Value Chain PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Ben Faqih mengatakan program ini merupakan salah satu komitmen Daihatsu kepada pelanggan setianya. Edukasi merupakan salah satu visi kami bagi pelanggan setia atau komunitas mobil Daihatsu.

“Misi kami adalah memberi pengetahuan tentang Safety Driving melalui Auto Clinic sebagai usaha kami dalam mewujudkan bagian dari pelopor keselamatan berlalu lintas. Semoga dapat bermanfaat dan diterapkan kepada seluruh pengendara,” pungkas Ben.

Baca Juga: Tips Memilih Karpet Mobil Agar Terhindar dari Kecelakaan

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi