Tips Keselamatan Berkendara Ketika Melewati Jalan Berlubang
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 11 Oktober 2022 15:44 WIB
Pengendara saat melewati jalan berlubang dan bergelombang di Jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta, Sabtu, 19 Februari 2022. Jalan berlubang di sekitar Proyek LRT Kuningan dapat membahayakan bagi pengendara yang melintas, terutama saat hujan turun. TEMPO / Hilman Fathurrahman W

GOOTO.COM, Jakarta - Ketika memutuskan berkendara di jalan raya, maka para pengendara bakal dihadapkan dengan sejumlah kondisi jalan, salah satunya jalan berlubang. Bagi mereka yang melintasinya, ada beberapa tips keselamatan berkendara yang aman.

Jalan berlubang atau rusak membuat pengendara sepeda motor harus lebih berhati-hati. Pasalnya kontur jalanan yang tidak rata tersebut bisa membuat Anda kesulitan mengendalikan kendaraan.

Dalam kesempatan ini redaksi Gooto.com bakal merangkum beberapa tips keselamatan berkendara ketika melewati jalanan berlubang atau rusak. Berikut ulasannya, dilansir dari Wahana Honda hari ini, Selasa, 11 Oktober 2022:

Kurangi Kecepatan

Tips pertama yang harus dilakukan oleh pengendara sepeda motor adalah mengurangi kecepatan. Karena ketika melewati jalan berlubang dengan kecepatan di atas rata-rata, maka kemungkinan kecelakaan bakal lebih besar. Anda juga disarankan untuk menginjak rem terlalu kuat saat memasuki lubang, karena ban dan velg bakal menerima bentuan yang kuat dari pinggir lubang.

Ketahui Kedalaman Lubang

Langkah kedua yang harus kalian ketahui adalah memperhatikan kedalaman lubang. Apabila pengendara sudah tidak bisa menghindari lubang, dan harus melewatinya, maka Anda wajib mengetahui kedalaman lubang. Jika terlalu dalam, cobalah mencari area terendah lubang tersebut dan pastikan ban masuk sepenuhnya ke dalamnya.

Namun jika ingin menghindari jalanan rusak tersebut, disarankan untuk tidak mendadak. Pengendara sepeda motor juga diwajibkan untuk memperhatikan area sekitar, khususnya di bagian belakang.

Jaga Jarak

Pengendara sepeda motor juga harus bisa memperhatikan jarak aman dengan kendaraan lain saat melintasi jalanan berlubang. Jika telalu dekat, maka dikhawatirkan bakal terjadi benturan ketika ada yang mengerem mendadak. Dengan menjaga jarak, maka keselamatan berkendara Anda bakal lebih nyaman.

Konsenterasi

Tips keselamatan berkendara terakhir yang wajib dilakukan oleh para pengendara motor adalah konsenterasi. Ini menjadi hal yang sangat penting dilakukan untuk menghindar dari kecelakaan. Dengan begitu, Anda tidak akan melakukan pengereman dan manuver secara mendadak, sehingga membuat berkendara lebih aman dan nyaman.

Baca Juga: Sandiaga Uno: Sirkuit Mandalika Siap Selenggarakan WSBK 2022

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

#Keselamatan Berkendara
#Tips
#Jalan Berlubang
#Sepeda Motor
#Jalan Rusak

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi