5 Tips Naik Motor Saat Lewati Rel Kereta Api
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 11 Oktober 2022 14:36 WIB
Pengendara sepeda motor menerobos palang pintu di perlintasan kereta api Kiaracondong, Bandung, 13 Januari 2017. Selain menerobos palang pintu perlintasan kereta sejumlah pengendara kerap memarkir kendaraannya di pinggir rel. TEMPO/Prima Mulia

GOOTO.COM, Jakarta - Beberapa pengendara motor kemungkinan pernah melintasi atau melwati pintu rel kereta api. Lokasi tersebut nyatanya masih menjadi salah satu tempat yang kerap menghadirkan kecelakaan.

Itu biasanya terjadi karena kelalaian dan kesalahan mendasar para pengendara sepeda motor. Sejauh ini masih cukup sering terlihat masyarakat yang naik motor melibas jalur pintu rel kereta api meski palang atau portal telah menutup jalan.

Apalagi jika perlintasan kereta api tersebut masih belum dipasang palang atau portal. Hal ini tentunya sangat rawan kecelakaan. Kendati dijaga oleh para relawan, namun itu tetap cukup membahayakan.

Agar bisa menghindari kecelakaan fatal di jalur pintu rel kereta api, maka pengendara motor sebaiknya melakukan beberapa tips. Berikut redaksi Gooto.com merangkum tips naik motor saat melintasi pintu rel kereta api:

  1. Tunggu Aman

Langkah pertama yang wajib dilakukan oleh para pengendara adalah bersabar dan menunggu kondisi aman. Apabila kereta api sudah lewat, Anda juga tetap harus waspada. Lihat dulu ke kanan dan kiri sebelum akhirnya melintasi rel kereta api.

  1. Jangan Berhenti di antara Rel

Selanjutnya pengendara juga harus memperhatikan etika berkendara. Pengguna motor sebaiknya tidak berhenti di antara rel saat menunggu kereta api lewat. Karena kita tidak pernah tahu kapan kereta akan lewat. Maka dari itu pengemudi lebih baik berhenti di posisi yang aman.

  1. Fokus dan Siaga

Tips ketiga, masyarakat yang naik motor wajib menjaga fokus ketika ingin melewati perlintasan kereta api. Anda wajib siaga meski pintu rel kereta api itu dijaga oleh petugas. Karena petugas tetaplah manuasi, yang bisa saja lalai.

  1. Berhenti Jangan Terlalu Dekat

Warga yang naik motor diminta untuk tidak berhenti terlalu dekat dengan palang pintu dan rel kereta api. Pasalnya sapuan angin yang menerpa karena kecepatan kereta bisa membahayakan. Bisa saja tubuh Anda terkenda serpihan kerikil kecil. Maka dari itu pastikan Anda berhenti di posisi paling aman.

  1. Menguasai Motor

Tips naik motor terakhir yang wajib dilakukan oleh pengendara adalah menguasai kendaraannya. Karena saat ini masih cukup banyak lintasan rel kereta api yang kondisinya rusak dan tidak rata. Dengan begitu, Anda wajib menguasai motor agar bisa melewati perlintasan itu dengan sempurna.

Baca Juga: Aldi Satya Mahendra Senang Finis di 10 Besar WorldSSP300 Catalunya

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

#Naik Motor
#Tips
#Kereta Api
#Rel kereta
#Sepeda Motor

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi