Harga BBM Naik, Ini Tips Mudah Agar Sepeda Motor Lebih Irit
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Senin, 10 Oktober 2022 16:00 WIB
Petugas mengisi bahan bakar minyak (BBM) pengendara motor di SPBU Jakarta, Selasa 4 Oktober 2022. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat laju inflasi pada September sebesar 1,17 persen (month-to-month/mtm), tertinggi sejak Desember 2014 dengan komoditas utama penyumbang inflasi tersebut adalah harga b ahan bakar minyak (BBM), beras dan angkutan dalam kota. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

GOOTO.COM, Jakarta - Pemerintah Indonesia secara resmi menaikkan harga BBM bersubsidi pada 3 September 2022. Kondisi Harga BBM naik ini menjadi salah satu hal yang sedikit menyulitkan pemilik kendaraan, termasuk sepeda motor.

Pasalnya pengguna motor lebih sering menggunakan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi, dibandingkan dengan non-subsidi, seperti Pertamax. Maka dari itu pengendara sepeda motor harus memperhatikan sejumlah tips yang membuat kendaraan Anda irit BBM.

Dalam kesempatan ini, redaksi Gooto.com mencoba untuk merangkum tips berkendara agar sepeda motor lebih irit dari sebelumnya. Simak ulasannya khusus untuk Anda, dikutip dari situs resmi Wahana Honda, Senin, 10 Oktober 2022:

  1. Setel Kaburator

Tips pertama yang harus dilakukan oleh para pemilik kendaraan adalah menyetel pengaturan karburator. Pada bagian ini BBM akan ditampung sebelum akhirnya menjadi bahan pembakaran, yakni pada bagian pelampung yang berfungsi mengatur banyaknya bensin yang masuk ke bagian reservoir.

  1. Cek Klep

Selanjutnya pemiliki motor juga harus memperhatikan atau mengecek klep. Komponen ini berfungsi untuk mengolah semburan dari bahan bakar menjadi tenaga mesin. Agar membuat menjadi irit, pengguna sepeda motor diminta untuk mengatur kerapatan klep. Namun tidak disarankan agar terlalu rapat.

  1. Perhatian Kondiis Busi

Kondisi busi bisa membantu masalah sepeda motor boros. Anda disarankan untuk membeli busi berkualitas agar mampu membuat proses pengapian dan pembakaran lebih maksimal. Hal tersebut diklaim bakal menjadi lebih irit.

  1. Cek Kondisi Oli

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi soal pentingnya oli bagi sepeda motor. Namun nyatanya penggunaan oli bisa memengaruhi kendaraan menjadi lebih irit. Jika memakai oli berkualitas, maka gesekan antar komponen menjadi lebih mudah dan mesin dapat bekerja optimal.

  1. Pengaturan Gas

Terakhir, pemilik sepeda motor juga harus memiliki tips berkendara secara aman dan nyaman. Pengendara tidak disarankan untuk menggeber gas secara mendadak. Karena hal itu dapat membuat bahan bakar yang masuk ke dalam proses pembakaran menjadi lebih banyak. Dengan begitu, motor Anda akan menjadi lebih boros.

Baca Juga: Raih Poin Lagi di JuniorGP Aragon, Ini Kata Fadillah Aditama

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

#Sepeda Motor
#Tips
#Harga BBM naik
#Motor
#Irit BBM

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi