4 Tips Mengantisipasi Blind Spot Saat Naik Motor
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Rabu, 13 April 2022 15:00 WIB
Tips mengantisipasi blind spot saat naik motor. (Foto: Yamaha)

GOOTO.COM, Jakarta - Titik buta atau blind spot nyatanya tidak hanya ditemui oleh pengemudi mobil, namun pengendara motor juga memiliki kemungkinan yang sama. Ada beberapa cara atau tips dalam mengantisipasi masalah tersebut saat berkendara di jalan raya.

Salah satunya dengan memanfaatkan spion di sepeda motor. Penggunaan kaca spion dinilai bisa mengurangi blind spot. Hal itu dibenarkan langsung oleh instruktur Yamaha Riding Academy (YRA) Yogyakarta Fery Risdiyanto.

“Dalam berkendara roda dua, penggunaan spion sepeda motor merupakan hal yang sangat vital dalam safety riding, karena dengan adanya spion, blind spot bisa dikurangi,” kata Fery dalam keterangan resminya.

Lebih lanjut, dirinya juga menjelaskan empat tips keselamatan berkendara untuk mengantisipasi blind spot saat naik motor. Berikut ulasannya:

  1. Menyesuaikan Arah Spion

Tips pertama adalah mengarahkan spion sesuai dengan pandangan masing-masing. Dengan begiu, pengendara motor bisa mengetahui kondisi yang terjadi di belakangnya.

  1. Jangan Memodifikasi Spion

Selanjutnya pemilik kendaraan roda dua tidak disarankan untuk memodifikasi spion, terlebih jika itu tak sesuai standar keselamatan. Seperti misalnya mengubah ukurannya menjadi kecil. Situasi ini membuat blind spot menjadi lebih lebar.

  1. Nyalakan Lampu dan Pakai Pakaian Berwarna Cerah

Tips keselamatan berkendara ketiga adalah menyalakan lampu utama dan memakai pakaian berwarna cerah atau yang bisa memantulkan cahaya. Dengan begitu, pengendara motor atau mobil lain bisa dengan mudah melihat Anda.

  1. Cari Posisi yang Mudah Dilihat Pengendara Lain

Anda disarankan untuk memposisikan dirinya di tempat yang mudah terlihat oleh pengendara motor lain. Untuk mengetahuinya, Anda bisa melihat wajah pengendara lain melalui spion mereka. Dengan begitu, tandanya posisi Anda masih bisah dilihat oleh pengendara lain.

Baca: Honda Siapkan Dana Rp 915 Triliun untuk Kembangkan Kendaraan Listrik

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

#Blind Spot
#Naik Motor
#Motor
#Tips
#Keselamatan Bersepeda
#Sepeda Motor
#Yamaha
#Kaca Spion

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi