Viral Baterai Hyundai Ioniq 5 Diduga Bermasalah dan Tidak Bisa Dicas
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Wawan Priyanto
Rabu, 12 Oktober 2022 06:44 WIB
Pengisian daya baterai Hyundai Ioniq 5 di SPKLU PLN Gambir, Jakarta Pusat, 19 April 2022. TEMPO/Wawan Priyanto

GOOTO.COM, Jakarta - Sebuah video di sosial media TikTok yang memperlihatkan mobil listrik Hyundai Ioniq 5 mogok viral karena diduga mengalami masalah pada baterainya. Video tersebut diunggah melalui akun TikTok, Jeeplife.id.

Dalam video tersebut, diketahui si pemilik awalnya ingin menggunakan Ioniq 5 tapi tidak bisa digunakan karena baterai drop dari 80 persen ke 0 persen.

Si pemilik pun berinisiatif untuk mengisi daya baterai mobilnya, namun persentase baterai tetap di 0 persen dan baterai tidak bisa terisi. Alhasil, mobil harus ditowing dan didorong ke bengkel resmi Hyundai.

"Saat ini mobil sedang dalam penyelidikan atau perbaikan di Hyundai Leuwipanjang, Bandung. Mudah-mudahan Hyundai bisa segera menyelesaikan masalah ini dengan baik," demikian deskripsi dalam video tersebut, dikutip Tempo hari ini, Selasa, 11 Oktober 2022.

Baca juga: Digaransi 8 Tahun, Segini Harga Baterai Hyundai Ioniq 5

Tempo telah menghubungi pihak Hyundai Motors Indonesia (HMID) untuk mengonfirmasi masalah tersebut, namun hingga berita ini ditulis, belum ada respon dari pihak HMID. 

Video tersebut meminta Hyundai untuk segera menyelidiki permasalahan baterai tersebut. Jika memang ada potensi kerusakan, maka diharapkan bisa mengumumkan kepada konsumen Ioniq 5 yang lain dan melakukan penarikan kembali (recall) terhadap unit Ioniq 5 yang sudah beredar. 

Untuk diketahui, Hyundai Ioniq 5 dibekali baterai Lithium-ion berkapasitas 58 kWh untuk tipe standar dan 72,6 kWh untuk tipe Long Range.

Pada tipe Prime Standard dan Signature Standard, jarak tempuhnya mencapai 384 km dalam sekali pengisian daya. Sementara untuk tipe Prime Long Range jarak tempuhnya 481 km dan tipe Signature Long Range bisa tempuh jarak 451 km.

Baca juga: DPR RI Siapkan 55 Unit Hyundai Ioniq 5 untuk Operasional P20 di Jakarta

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

#Hyundai Ioniq 5
#Ioniq 5
#Hyundai
#Hyundai Ioniq
#Baterai Mobil Listrik

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi