Jorjoran Menggarap Pasar Sepeda Motor
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 15 Maret 2009 07:44 WIB
TEMPO Interaktif, Jakarta: Dengan uang muka relatif terjangkau, didukung dealer resmi yang bertebaran, sepeda motor terus mendulang peminat. Sebagai sarana transportasi, sepeda motor memang memiliki mobilitas tinggi. Apalagi untuk kondisi Jakarta, yang setiap hari selalu diwarnai kemacetan. Bahkan untuk aktivitas bisnis pun, kini sepeda motor sangat diandalkan. Bahkan untuk memiliki sebuah sepeda motor belakangan semakin mudah, melalui sistem kredit dengan uang muka terjangkau.

Keberadaan dealer sepeda motor resmi pun tambah banyak saja. Di kawasan Kelapa Gading, misalnya, sejumlah dealer resmi sepeda motor semakin mendekatkan konsumen dengan kebutuhannya. Honda, Yamaha, dan Suzuki merupakan tiga besar merek sepeda motor yang terus berupaya meningkatkan angka penjualan. Diikuti beberapa merek lainnya, seperti Kawasaki, Bajaj, dan Kanzen.

Wahana Kelapa Gading (WKG), yang merupakan dealer resmi sepeda motor Honda, tak pernah berhenti melakukan aktivitas promosi. Menurut Kepala Cabang WKG Masfer Pakpahan, selain didukung promosi dari PT Astra Honda Motor selaku agen tunggal pemegang merek (ATPM), dan PT Wahana Makmur Sejati sebagai main dealernya, pihaknya juga melakukan berbagai promosi untuk menjaring konsumen, dengan beberapa produk baru, seperti City Sport 1, Beat, Honda New Supra X 125 PGM-FI, Absolute Revo 110, dan Blade 110, serta di kelas sport yakni New Tiger Revo.

WKG, yang berlokasi di Jalan Boulevard Raya, memberikan insentif berupa bonus cash back dan voucher menonton konser musik untuk setiap pembelian unit sepeda motor Honda. Bahkan tersedia pula paket kredit untuk profesi guru/pegawai negeri sipil dan paramedis. Khusus untuk angka penjualan, Masfer Pakpahan menunjuk tipe Absolute Revo, yang banyak diminati konsumen sekaligus menjadi penyumbang angka penjualan tertinggi. Demikian pula fasilitas pembiayaan, didukung oleh WOM, FIF, dan lembaga pembiayaan lainnya. WKG pun mengerahkan sales force untuk penjualannya.

Honda dengan beberapa tipe sepeda motor terbarunya memang berupaya tetap memimpin pasar. Selera konsumen pun diakomodasi dengan tampilan gres yang memikat. Apalagi rentang produknya lebih merata dibanding merek lainnya. Dealer WKG pun memberikan layanan lengkap, dari penjualan, servis, sampai suku cadang.

Lain lagi Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) dengan dealernya, Pelangi Megah Perkasa (PMP), yang terletak di Jalan Boulevard Timur Raya, Kelapa Gading. Dari total penjualan, 65-70 persen merupakan pembelian kredit. Dari jajaran produknya, tipe Mio, Vega ZR, dan Jupiter MX menjadi tipe yang dicari konsumen. Sedangkan untuk kelas sport, V-ixion menjadi produk unggulan yang sangat diminati.

General Manager Marketing PMP Marthen Paulus mengungkapkan, rata-rata angka penjualan per bulan bisa mencapai 600 unit, atau setiap hari mampu menjual sekitar 20 unit. Selain melakukan aktivitas jemput bola, seperti pameran/canvass maupun iklan di media cetak, juga didukung oleh fasilitas pembiayaan, seperti Bussan Auto Finance dan beberapa lembaga pembiayaan lainnya. Soal layanan, PMP juga memberikan layanan purnajual, seperti bengkel dan penjualan suku cadang.

Kawasaki, yang juga produsen sepeda motor asal Jepang, tak mau ketinggalan. Dengan motonya "Let The Good Times Roll", PT Kawasaki Motor Indonesia lewat dealer Bahana Auto Mandiri, yang berada di Jalan Raya Boulevard Barat, rupanya sedang dilanda demam Ninja. Salah satu produknya, Ninja R 250, menjadi incaran konsumen.

Menurut seorang anggota staf bagian penjualan Kawasaki Kelapa Gading, M. Syarif Hidayatullah, pembeli Ninja R 250 sempat harus inden. Padahal, harganya yang hampir mendekati Rp 50 juta boleh dibilang cukup tinggi untuk harga sebuah sepeda motor. Dengan uang muka Rp 15 juta, Ninja R 250 sudah bisa dibawa pulang. Konsumen tinggal membayar angsuran sekitar Rp 1,5 juta per bulan selama tiga tahun. "Malah ada konsumen yang mau bayar lebih. Tapi, karena waktu itu stok terbatas, terpaksa tetap harus menunggu," kata Syarif.

Khusus Ninja R 250 warna merah memang sangat dicari konsumen dari kalangan hobiis, dan mereka harus menunggu. Sedangkan warna hitam dan hijau selalu tersedia. Tipikal konsumen Kawasaki memang terbilang unik. Umumnya mereka loyal terhadap produk Kawasaki, yang berkualitas dan unggul dalam hal stabilitas, kenyamanan, dan akselerasi. Ninja R 250 merupakan produk anyar dan satu-satunya sepeda motor di kelasnya yang tampil bergaya sport. Adapun merek lainnya, walau memiliki kapasitas mesin sama, tampilannya lebih bergaya touring.

Ada satu pendatang baru, Bajaj. Merek yang pada 1980-an sempat beken lewat skuter dan kendaraan umum roda tiganya ini dalam beberapa tahun terakhir kembali menapakkan jejaknya di Indonesia. Tak mau ketinggalan oleh para pesaingnya, Bajaj juga menjadikan Kelapa Gading salah satu target pemasarannya. Sebagai pendatang baru, Bajaj terbilang sukses. Apalagi produknya mengadopsi teknologi DTS-I, yang menggunakan dua busi untuk kinerja terbaik pada dapur pacunya. Tiga produk terbarunya adalah jenis sepeda motor sport, Pulsar 180 DTS-i, Pulsar 200 DTS-i, dan Pulsar 125 XCD. Khusus Pulsar 125 XCD, telah mendapat penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) sebagai sepeda motor paling irit di kelasnya.

Yang agak berbeda dengan pesaingnya, harga Bajaj on the road dipastikan sama untuk seluruh Indonesia. Konsumen pun bisa melakukan test ride berhadiah suvenir menarik. Dan khusus pembelian selama Maret 2009, pembeli akan mendapat helm dan jaket senilai Rp 500 ribu, serta voucher Rp 250 ribu yang dapat digunakan untuk servis. Dealer Bajaj Kelapa Gading pun mendapat sambutan positif dari konsumennya.

Walau merek baru, konsumen yang membeli produk Bajaj boleh dibilang konsumen yang mencermati teknologi dan harga. "Konsumen merasa pantas mendapatkan teknologi yang sesuai dengan harganya, serta kenyamanan berkendara," kata Kepala Cabang Bajaj Surya Gading Sarifuddin.

Tentu saja, keberadaan sejumlah dealer resmi di kawasan bisnis dan hunian Kelapa Gading semakin menguatkan kawasan ini sebagai sentra pasar otomotif, sekaligus memberikan keuntungan tersendiri bagi konsumennya. Yang pasti, apa pun merek dan tipe sepeda motor yang dipilih, semua bisa didapatkan dengan mudah di Kelapa Gading. Tim Info Tempo

#Sepeda Motor

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi