Pengendara Motor Mesti Hatri-hati di Musim Hujan, Ini 6 Tips Supaya Aman
Reporter: Zaidan Fadhil
Editor: Jobpie Sugiharto
Minggu, 23 Oktober 2022 14:56 WIB
Seorang pria mendorong sepeda motor menerobos banjir di kawasan Tendean akibat curah hujan yang turun terus menerus, Jakarta, Kamis, 6 Oktober 2022. Menurut keterangan warga, banjir mulai pukul 16.00 WIB hingga dini hari belum surut sehingga menyebabkan penumpukan kendaraan di kawasan tersebut. TEMPO/ Febri Angga Palguna
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Musim hujan mesti membuat pengendara motor berhati-hati di jalan. Kewaspadaan perlu lebih ditingkatkan lagi mengingat kondisi jalan yang licin serta faktor lainnya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Yamaha Riding Academy (YRA) Jawa Tengah memberikan beberapa tips yang dapat diterapkan pengendara motor di musim hujan:

1. Disarankan pengendara motor memakai jas hujan model setelan (baju dan celana), hindari menggunakan jas hujan model ponco karena dapat terlilit pada roda motor, menutupi lampu belakang, ini dapat membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lain.

2. Gunakan helm dengan kaca yang terang/clear visor, kaca helm/visor yang terang tidak akan mengganggu atau mengurangi visibilitas pandangan berkendara dalam kondisi hujan terutama saat malam hari. Jika punya dana lebih, kaca helm dapat dipasang pinlock.

3. Selalu jaga jarak aman dengan pengendara lain. Ketika hujan, jalanan akan menjadi lebih licin sehingga jarak pengereman akan lebih panjang.

4. Gunakan kecepatan yang aman, hindari penggunaan kecepatan yang terlalu tinggi, ini akan membuat motor lebih sulit dikendalikan.

5. Operasikan motor lebih halus saat akselerasi maupun pengereman, penggunaan yang kasar dapat mengakibatkan ban mudah slip dan terjatuh.

6. Jika hujan deras disertai angin kencang, lebih baik pengendara motor berteduh sampai kondisi baik baru melanjutkan perjalanan.

Baca: Mengapa Pengendara Motor Dilarang Pakai HeadsetIngin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi