Bahaya Kelebihan dan Kekurangan Oli Mesin, Begini Tips Mengatasinya
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 1 November 2022 19:00 WIB
PT Surganya Motor Indonesia saat ini berinovasi untuk menjadikan oli X-TEN sebagai oli tahan lama. Caranya dengan memakai ester sebagai bahan dasar yang akan membuat tarikan entengnya tahan lama, olinya tahan lama dan juga melindungi mesin tahan lama. FOTO: PT Surganya Motor Indonesia

GOOTO.COM, JakartaOli mesin merupakan komponen penting dalam sebuah kendaraan. Maka dari itu dalam pengisiannya tidak boleh kurang ataupun kelebihan. Karena hal tersebut bisa berdampak buruk bagi mobil.

Hal ini wajib diperhatikan bagi Anda yang mengganti oli mesin secara mandiri. Dengan begitu pemilik kendaraan harus berhati-hati agar mesin Anda tidak bermasalah. Itu disampaikan langsung oleh Aftersales Business Division Head Auto2000 Nur Imansyah Tara.

“Wajib mengisi oli mesin sesuai takaran dan memeriksa volumenya melalui dipstick setidaknya 1 minggu sekali untuk memastikannya tidak kurang atau tidak lebih dari batas normal. Karena jika kurang atau lebih dapat menciptakan masalah pada mesin mobil,” kata dia dalam keterangan resminya.

Tips mengatasinya pun cukup mudah, di mana para pemilik mobil wajib membaca buku panduan pemilik kendarakan atau bertanya kepada yang ahli. Maka dari itu dalam kesempatan ini, berikut redaksi Gooto.com merangkum bahaya kelebihan dan kekurangan oli mesin:

Oli Mesin Kelebihan

Kelebihan takaran oli mesin nyatanya dapat membuat performa mesin turun. Tarikan mesin mobil diklaim bakal terasa berat, terima pada putaran tinggi, karena oli bersirkulasi melebihi kapasitas.

Situasi ini juga membuat konsumsi bensin menjadi lebih boros, karena mesin membutuhkan tenaga lebih besar untuk bergerak. Masalah tersebut juga bisa berdampak pada kemampuan oli dalam melumasi dan membebani kerja pompa oli.

Adapun masalah lain yang dapat terjadi, seperti timbulnya kebocoran atau rembesan oli dari blok mesin. Masalah kebocoran ini biasanya terjadi melalui seal yang kondisinjya kurang baik. Jika dibiarkan, maka usia pakai pompa dan filter oli mesin akan cepat menurun.

Kekurangan Oli Mesin

Masalah yang didapat ketika kekurangan oli adalah mesin mudah panas, karena debit oli yang bresirkulasi lebih sedikit dari seharusnya. Situasi ini juga memaksa tenaga mesin menjadi menurun dan konsumsi bensin bakal lebih boros.

Tak hanya itu, sistem pelumas pada komponen di dalam mesin juga menjadi tidak merata. Kondisi seperti itu berpotensi menimbulkan keausan lebih cepat, dan dapat berakibat fatal jika diabaikan terlalu lama.

Kekurangan oli mesin juga dapat membuat suara mesin terdengar kasar karena timbul gesekan akibat pelumas yang penyebarannya tidak merata. Dengan begitu parts mesin berpotensi macet dan rusak. 

Baca Juga: Dani Pedrosa Ikuti Balapan Lamborghini Super Trofeo World Trofeo

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

#Oli Mesin
#Oli Mesin Mobil
#Tips
#Mobil
#Auto2000

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi