4 Komponen Motor yang Harus Diperhatikan Saat Musim Hujan
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Kamis, 3 November 2022 15:36 WIB
Astra Motor Yogyakarta kerahkan 233 jaringan bengkel tebar promo kemerdekaan hingga 31 Agustus 2022. (Foto: Astra Yogyakarta)

GOOTO.COM, Jakarta - Pemilik sepeda motor disarankan untuk menaruh perhatian lebih saat memasuki musim hujan. Hal itu harus dilakukan karena kandungan zat asam pada air hujan yang menempel pada komponen motor bisa mengakibatkan kerusakan.

Dengan melakukan pemeriksaan rutin terhadap komponen penting pada motor, Anda bakal terhindar dari masalah. Tak hanya itu, seluruh komponen sepeda motor juga akan tetap optimal sehingga membuat Anda tetap merasakan kenyamanan saat berkendara.

Maka dari itu, dalam kesempatan ini redaksi Gooto.com mencoba merangkum 4 komponen motor yang wajib diperiksa saat musim hujan tiba. Berikut ulasannya, dikutip dari Wahana Honda hari ini, Kamis, 3 November 2022:

  1. Tekanan Ban

Komponen pertama yang harus diperhatikan saat musim hujan adalah tekanan angin pada ban motor. Menurut Wahana Honda, tekanan angin pada ban depan berkisar antara 29 psi, sedangkan untuk ban belakang 33 psi.

Dengan menjaga tekanan angin pada ban motor, maka membuat area tapakan ban ke permukaan jalan jadi lebih lebar. Itu membuat daya cengkeramnya lebih baik pada permukaan jalan basah.

  1. Komponen Pengereman

Pemeriksaan komponen pengereman seharusnya wajib dilakukan secara rutin tanpa harus menunggu musim hujan tiba. Namun perhatian Anda harus lebih esktra ketika memasuki musim hujan.

Anda disarankan untuk membersihkan kotoran yang menempel pada komponen pengereman motor, seperti sela-sela rem. Periksa juga kondisi komponen pengereman mulai dari tuas, kabel sampai ke bagian kanvas rem.

  1. Rantai

Jika Anda memiliki motor bebek, yang masih menggunakan rantai, maka komponen tersebut harus mendapatkan pemeriksaan. Pengguna sepeda motor bisa melakukan pengecekan kadar ketegangan rantainya.

Setelan rantai motor disarankan tidak terlalu kencang dan jangan terlalu kendur. Ukuran ketegangan itu harus diperhatikan agar rantai dan gir tidak mudah aus atau mengakibatkan rantai terlepas.

  1. Busi

Komponen terakhir yang harus dicek adalah busi. Pastikan jika busi motor Anda tidak kemasukan air. Apabila terlihat ada rembesan air, maka segera keringkan dengan kain lap kering supaya proses pengapiannya tidak terganggu.

Baca Juga: Perdana, GIIAS Semarang Bakal Digelar pada 23-27 November 2022

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

#komponen motor
#Musim Hujan
#Motor
#Sepeda Motor
#Busi
#Rantai Motor

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi