Pemuas Wanita
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 18 Maret 2009 23:41 WIB
TEMPO Interaktif, Jakarta: Sulit rasanya mencari city car alias mobil kota yang bisa mengakomodasi kebutuhan perempuan. Tapi sebentar lagi PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) akan segera memberikan jawabannya. Pada 5 Maret kemarin, HMI akan meluncurkan i10 (baca: aiten), city car yang disebut pihak Hyundai bisa memuaskan para perempuan.

Lho kok hanya perempuan? Hyundai boleh-boleh saja membidik kaum hawa ini sebagai target pasar utamanya. Maklum, berdasarkan penelitian sebanyak 50 persen pengguna mobil kota adalah perempuan. "Tapi bukan berarti ini mobil khusus untuk perempuan. Anak muda, mahasiwa, dan juga eksekutif muda juga cocok kok pakai i10. Kami hanya ingin mobil ini bisa memberikan semua yang dibutuhkan perempuan pada sebuah city car," kata Jongky Sugiarto, Presiden Direktur PT HMI.

Nah, guna mengetahui bagaimana kehebatan mobil andalan baru Hyundai ini, sebanyak 15 unit disediakan bagi 30 wartawan yang mengujinya dalam Hyundai Media & Drive selama Senin (23/2) dan Selasa (24/2) kemarin.

Dilihat dari penampilan luar, i10 sangat eye catching. Dibandingkan city car andalan Hyundai sebelumnya, Atoz, desain i10 lebih modern dan stylish. Bodi i10 terlihat lebih besar dan kokoh jika disandingkan dengan rivalnya seperti Suzuki Karimun Estilo dan KIA Picanto. Bumper dengan gril berukuran besar memberi kesan bertenaga dan agresif seperti kebanyakan mobil-mobil masa kini. Di bibir kap mesin dipasang logo Hyundai dengan panel harisontal berlapiskan krom. Di belakang, handle pintu berbentuk unik dipasangi logo Hyundai.

Masuk ke dalam terihat desainnya minimalis, tidak neko-neko. Dashbaord 2-tone color dengan warna beige dan hitam. Bagian tengah dashboard menjadi pusat semua kebutuhan mulai dari audio, pengatur suhu, plus tuas perseneling. Yang menarik, meski kecil tapi ruang kaki untuk penumpang depan dan belakang cukup lega.

Hyundai menawarkan rute menarik dalam acara ini, sesuai dengan varian yang ditawarkan nantinya. Hyundai menyediakan lima varian i10; iChic, iCool, iCare, GLS dan GL. Bedanya hanya dari firtur di eksterior dan interior. Sedangkan untuk transmisi i10 tersedia model 5 speed manual dan 4 speed otomatis.

Dari Pondok Indah kami diajak membeli buku di sebuah toko buku di dekat Universitas Pelita Harapan, Karawaci. Melewati padatnya jalanan ibukota, i10 menunjukkan keunggulannya sebagai city car. Untuk urusan manuver dengan bodinya yang memiliki panjang 3.565 mm dan lebar 1.595 mm sangat mudah meliuk-liuk di antara kendaraan lain.

Selanjutnya kami menuju Summarecon Mall Serpong. Di sini kami membeli buku dan alat tulis serta susu dan minuman ringan. Belakang baru ketahuan kalau belanjaan kami di dua tempat tapi di sumbangkan ke Panti Asuhan di daerah Subang.

Menuju Serpong, i10 yang Tempo kemudikan menjajal jalanan yang sedikit bergelombang. Ternyata tak ada masalah. Meski suspensi terasa sedikit keras tapi setir gampang dikuasai. Fitur electric power steering membuat ban serasa lebih menggigit ke jalanan. Perpindahan gigi berlangsung mulus. "Kopling tidak terlalu berat dan mudah dioperasikan," kata seorang rekan berkomentar.

Setelah makan siang di Bakoel Kopi, di kawasan Semanggi, kami memasuki tol Cikampek menuju arah Subang. Nah, disinilah baru kelihatan kenapa kendaraan ini disebut city car. Tenaga dari mesin 1.1L inline 4 cylinder onleaded SOHC 12 valve berkapasitas 1.086 cc cukup oke, menghentak sejak tarikan pertama. Namun, begitu jarum speedometer menunjuk angka 120 km/jam di gigi 5, mobil sudah berat menambah lajunya. Meski ketika menempuh kawasan Jatiluhur-Wanayasa-Subang-Lembang-Bandung yang menanjak dan menurun, i10 tak kesulitan.

Satu lagi keunggulan i10 adalah konsumsi bahan bakar. Hyundai mengklaim (rata-rata) i10 hanya butuh 1 liter untuk tiap 15 kilometer. Artinya dengan kapasitas 35 liter yang dimilikinya, i10 bisa menempuh jarak 525 kilometer!

Harga jual i10 masih dirahasiakan Hyundai. "Harga off the road i10 berada di rentang Rp 109 juta sampai Rp 134 juta," kata Erwin Djajadiputra, Vice Presiden Sales, Marketing & After Sales HMI. Soal harga inilah yang akan menjadi tantangan bagi Hyundai. Pasalnya, harga varian tertinggi bisa nyundul ke kelas small MPV yang notabene punya mesin berkapasitas lebih besar dan fitur lebih lengkap.

RAJU FEBRIAN

SPESIFIKASIMesin: 1.1L inline 4 cylinder onleaded SOHC 12 valveKapasitas: 1.086 ccDiameter x langkah (mm) : 67 x 77Perbandingan kompresi : 10 : 1Tenaga: 64 PS @ 5500 rpmTorsi: 98 @ 2.800 rpmPanjang: 3.565 mmLebar: 1.595 mmTinggi: 1.540 mmWheelbase: 2.380 mmKapasitas tangki: 35 liter

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi