Wagon Khusus Indonesia
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 19 Maret 2009 00:00 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta: Ketika Daihatsu meluncurkan Gran Max akhir tahun 2007 lalu, banyak yang memandang sebelah mata. Tapi apa yang terjadi? Gran Max justru sukses besar. Bahkan Gran Max menjadi tulang punggung kedua--setelah Xenia--penjualan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sepanjang tahun lalu.

Jadi sah-sah saja jika Daihatsu kemudian berusaha mengembangkan produknya itu. Gran Max dirombak, dipermak, didandani, serta dibuat lebih mewah dan stylish. Hasilnya; Daihatsu Luxio.

Saking pentingnya Luxio, saat diluncurkan bulan lalu, beberapa petinggi Daihatsu Motor Company Ltd, langsung datang dari Jepang. "Luxio didesain secara eksklusif untuk pasar dan kebutuhan konsumen Indonesia," kata Katsuyuki Kamio, Vice President Dihatsu Motor Company Ltd.

Luxio memang tak bisa dilepaskan dari Gran Max, maklum platformnya sama. Namun mobil yang masuk kategori compact wagon ini desainnya lebih wah. Hampir semua sektor mendapat gubahan. Bedanya yang paling menonjol adalah hidungnya (bonet) yang lebih mancung, penggunaan dual multireflector, dan desain front grille baru.

Bagian samping juga diberi double wege windows serta retractable mirror yang sewarna bodi, turning lamp LED, plus desain belakang termasuk lampu. Semuanya, jauh dari kesan 'biasa' pada Gran Max.

Oke, sekarang kita masuk ke bagian kabin. Pemakaian two tone colour pada dashboard, wooden panel center cluster (tipe X), dan AC double blower (tipe M dan X) membuat mobil ini makin mewah dan pas sebagai kendaraan keluarga. Yang paling menarik dari Luxio adalah kapasitas dan keleluasaannya. Pintu gesernya, meski manual, bisa terbuka sampai 810 mm sehingga memudahkan akses keluar masuk.

Tinggi ruang kabin mencapai 1.300 mm dan panjang 1.288 mm. "Anak Anda tak perlu jongkok atau duduk untuk berganti pakaian," kata Pradito Sugondo, Kepala Pengembangan Produk ADM. Sayangnya, sliding seat di baris kedua hanya ada pada tipe M dan X.

Bagaimana dengan mesin? Nah, Luxio juga tidak memiliki varian bermesin 1.3 liter seperti Gran Max. Untuk Luxio Daihatsu memasang mesin 3SZ-VE 1.5-liter DOHC VVT-i. Mesin yang juga digendong Daihatsu Terios ini bertenaga 97 hp dan torsi 134 Nm.

Karenanya, Daihatsu yakin Luxio juga sangat hemat bahan bakar. "Kehadiran Daihatsu Luxio semakin melengkapi jajaran produk Daihatsu. Kami ingin menghadirkan satu kesempurnaan baru untuk berbagai aktivitas keluarga Indonesia," kata Suparno Djasmin, CEO PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO).

Satu lagi yang penting dibandingkan Gran Max adalah penggunaan suspensi. Sebelumya banyak keluhan pada suspensi Gran Max. Tapi untuk Luxio, Daihatsu melengkapinya dengan suspensi terbaru dan new stabilizer yang khusus didesain sehingga menciptakan kenyamanan dan stabilitas berkendara yang prima.

Daihatsu Luxio hadir dalam empat varian, yakni tipe D (Rp 136 juta), tipe M (Rp 146 juta), tipe X MT (Rp 151 juta) dan tipe tertinggi X AT (Rp 162 juta). Khusus varian M dan X tersedia opsional berupa fitur ABS (anti-lock braking system) guna meningkatkan keselamatan berkendara.

Direktur Pemasaran PT ADM Amelia Tjandra mengungkapkan angka 1.000 unit per bulan sebagai target Luxio. Apakah Luxio akan mengikuti sukses Gran Max? Uppss... tapi ini kan bukan Gran Max.

RAJU FEBRIAN

SPESIFIKASI

Mesin: 3SZ-VE DOHC VVT-i berpendingan air 4 silinder segarisKapasitas: 1495 ccTenaga maksimal: 97 PS @ 6000 rpmTorsi maksimum: 13,7 kgm @ 4400 rpmSistem bahan bakar: Electronic Fuel InjectionTransmisi: 5-speed MT dan 4-speed ATRem: Disc berventilasi dengan booster (depan); drum leading dan trailing (belakang)Suspensi: McPherson struts dengan per keong (belakang); 5 link rigid-axle dengan per keong (belakang)Ban dan velg: Velg alloy 195/65 R15

RIVAL

Kehadiran Daihatsu Luxio akan menggangu pasar Suzuki APV Arena dan Mitsubishi Maven yang sudah lebih dulu hadir. Itu dari sisi rival head-to-head tapi melihat rentang harga, Luxio juga bisa menarik pasar Daihatsu Xenia yang berada di harga Rp 106,2 juta sampai Rp 124,7 juta serta Toyota Avanza yang direntang Rp 129,6 juta sampai Rp 165,9 juta.

Suzuki APV ArenaMesin: G15A 4 Cylinder, 16 Valves, 1.493 ccTenaga maksimal: 105 PS @ 6000 rpmHarga: Rp 137 juta-Rp 162,5 juta

Mitsubishi MavenMesin: 4G15, 12 Valve SOHC, 1,468 ccTenaga maksimal: 88 PS @ 5,750 rpmHarga: Rp 134 (Maven GLX); Rp 151 juta (Maven GLS)

#Otomotif
#Universitas Negeri Yogyakarta

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi