Tips Perawatan Lampu LED Motor, Jangan Bongkar Sendiri!
Reporter: magang_merdeka
Editor: Rafif Rahedian
Kamis, 10 November 2022 06:10 WIB
Supriyanto, pemilik bengkel Abdigas Motor sedang mengerjakan Proyektor LED OEM Mitsubishi Pajero Sport Dakar yang dipasangkan ke Headlamp Yamaha Nmax. TEMPO/Wisnu Andebar

GOOTO.COM, Jakarta - Headlamp atau lampu LED merupakan salah satu kelengkapan yang menjamin keselamatan pengendara sepeda motor. Karena komponen tersebut mampu membantu pengemudi ketika berkendara di malam hari.

Tanpa adanya lampu LED maka visibilitas terhadap jalan hingga objek di depan kendaraan bakal berkurang. Tak heran jika aturan lampu LED ini masuk dalam Undang-Undang (UU) Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

Agar berkendara tetap aman dan nyaman maka pengendara harus terus merawat lampu LED motornya agar bekerja secara optimal. Berikut tips merawat lampu LED dikutip dari Wahanahonda hari ini, Kamis, 10 November 2022:

Cek berkala

Lakukan pengecekan secara berkala terhadap lampu LED motor. Pastikan daya dan kelistrikan berjalan dengan normal. Pastikan juga LED terhindar dari aliran yang terlalu panas agar awet dan tidak mudah rusak.

Perhatikan titik lampu

Pastikan letak titik lampu aman. Letakkan lampu pada batok atau mika lampu dengan tepat agar cahaya yang terpantul juga tepat lurus ke depan. Selain itu pastikan juga ukuran lampu dan batok motor sesuai, sehingga aman ketika digunakan.

Bersihkan penampang

Tips ketiga, pemilik sepeda motor disarankan untuk membersihkan penampang lampu secara rutin. Penampang yang kotor dapat menimbulkan masalah pada lampu dan mengakibatkan kerusakan.

Jangan bongkar sendiri

Untuk menghindari kerusakan usahakan jangan membongkar lampu dan mengutak-atik kelistrikan motor secara sembarangan. Hal ini bisa mengakibatkan kerusakan. Hindari juga penambahan saklar yang membuat arus masuk berlebihan.

KHOLIS KURNIA WATI | WAHANAHONDA

Baca Juga: 3 Penyebab Bensin Tak Masuk ke Ruang Bakar Mobil, Ini Cara Mengatasinya

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

#Lampu LED
#Lampu
#LED
#Tips
#Motor

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi