Tips Membersihkan Filter Udara Agar Motor Melaju Optimal
Reporter: magang_merdeka
Editor: Rafif Rahedian
Minggu, 6 November 2022 06:06 WIB
Montir memperbaiki sepeda motor di bengkel di Jakarta, Selasa 26 April 2022. Menjelang mudik Lebaran sejumlah bengkel kendaraan bermotor kebanjiran pelanggan, dan pelaku usaha tersebut memperkirakan omset bengkel motor naik 50 hingga 70 persen daripada hari biasanya. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

GOOTO.COM, Jakarta - Filter udara motor memiliki peranan yang sangat penting. Maka dari itu komponen tersebut harus sering dibersihkan untuk menjaga saringan udara agar bekerja secara optimal.

Apabila saringan udara dibiarkan kotor, maka semakin sedikit udara yang masuk ke dalam mesin. Kondisi tersebut dapat menyebabkan performa mesin sepeda motor tidak optimal.

Selain itu, hal tersebut bisa menyebabkan sepeda motor lebih boros bahan bakar. Ini dikarenakan perbandingan udara dan bahan bakar yang tidak ideal. Bahkan endapan karbon juga bisa terjadi di dalam ruang bakar.

Dikutip dari Wahanahonda, terdapat beberapa cara untuk merawat saringan udara atau filter udara tipe Urithane Foam dan Dry Paper. Untuk Urithane Foam, cara membersihkannya adalah mencucinya dengan menggunakan air deterjen atau cairan pembersih dan diperas.

Setelah itu keringkan dengan cara disemprot menggunakan alat penyemprot. Hal yang tak kalah penting adalah melumasi saringan udara menggunakan oli. Namun untuk tipe Dry Paper, semprotkan udara dari bagian belakang saringan yang terdapat flame trap.

Terdapat dua cara penyemprotan, pertama semprot filter udara menggunakan alat penyemprot udara bertekanan dengan arah horizontal. Penyemprotan ini dilakukan dengan jarak 3 cm. Bisa juga menyemprot dari arah vertikal dengan jarak penyemprotan yang sama.

Agar terlihat bersih lakukan penyemprotan sekitar dua menit. Selanjutnya semprotkan alat penyemprot bertekanan dari bagian depan dengan membentuk 45 derajat dan jarak 5 cm.

Kholis Kurnia Wati | Wahanahonda

Baca Juga: ION Mobility Hadirkan Motor Listrik M1-S di IMOS 2022

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

#Motor
#Tips
#Filter
#Udara
#Sepeda Motor

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi