Jangan Tertipu, Ini Tips Membedakan Oli Mesin Asli dan Palsu
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Rabu, 16 November 2022 17:02 WIB
Ilustrasi mengisi pelumas mesin mobil. (Astra Peugeot)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Oli mesin merupakan bagian penting yang berkaitan dengan mesin mobil. Cairan pelumas ini berfungsi melumasi komponen dalam mesin untuk menjaganya tetap bekerja maksimal sekaligus membuat mesin tidak panas.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dalam penggunaan oli mesin, pemilik kendaraan perlu waspada dalam memilihnya. Karena saat ini terdapat oli mesin asli dan palsu yang beredar di pasaran.

Menurut Technical Specialist PT Pertamina Lubricants (PTPL) Brahma Putra Mahayana, untuk memilih oli yang cocok untuk kendaraan, pemilik harus membaca ketentuan atau spesifikasi pada buku manual kendaraan. Penggunaan oli yang tidak sesuai atau oli palsu bisa memengaruhi kinerja mesin.

"Kandungan pada oli mesin itu kompleks. Bukan semata base oil, tapi juga ada aditif tertentu untuk mendukung kerja mesin. Tentu saja sudah diformulasikan sesuai kebutuhan mesin," kata Brahma dalam keterangan resmi yang diterima Tempo hari ini, Rabu, 16 November 2022.

Brahma menegaskan bahwa kandungan atau kualitas oli mesin asli dengan palsu itu memiliki perbedaan yang signifikan. Setiap produsen resmi oli mesin pasti memiliki laboratorium untuk mengetahui kualitas pelumas-pelumas yang dibuatnya.

Untuk bisa membedakan oli mesin asli dan palsu, yang pertama adalah harganya. Konsumen jangan tergiur dengan harga oli murah dan pastikan membelinya di toko atau bengkel yang terpercaya.

Cara mudah untuk mengetahui oli asli dan palsu adalah dengan melihat batch number oli tersebut. Batch number ini biasanya tercantum pada tutup atau leher botol.

"Pada oli Pertamina, base number itu kita produksi pakai laser, pasti simetris, berurutan, dan rapi. Yang palsu biasanya bolong, jenis dan ukuran font tidak sama, enggak rata, dan enggak simetris," jelas Brahma.

Selain itu, oli asli juga biasanya dilengkapi dengan QR Code yang dipasang pada bagian tertentu kemasan. Pengaplikasian QR Code ini bertujuan agar oli tidak dapat dipalsukan. "Biasanya nomor QR Code ini random. Kalau nomornya sama, itu pasti palsu," tutup dia.

Baca juga: Kendaraan Listrik untuk Patroli Sudah Dioperasikan di Surabaya

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi