Mobil Listrik Buatan Uniba Dijajal Kepala Otorita IKN
Reporter: Antara
Editor: Rafif Rahedian
Senin, 21 November 2022 18:00 WIB
Mobil Listrik buatan Uniba. (Foto: ANTARA/Novi Abdi)

GOOTO.COM, JakartaMobil listrik buatan mahasiswa Universitas Balikpapan (Uniba) dilaporkan telah dijajal oleh Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN), Bambang Susantono. Uji coba itu dilakukan di halaman Dome Balikpapan pada Sabtu, 19 November 2022.

Saat menjajalnya, Bambang mengaku sedikit kesulitan saat hendak masuk dan keluar mobil listrik tersebut. Kesulitan juga dialaminya ketika mencoba motor listrik buatan Uniba, karena ketinggian joknya melibihi sepeda motor pada umumnya.

Rektor Uniba Dr Isradi Zainal turut menanggapi komentar Bambang. Dirinya menjelaskan bahwa pihaknya bakal melakukan evaluasi untuk membuat mobil listrik dan motor listrik menjadi lebih apik.

“Kami akan perbaiki dan sempurnakan terus,” kata Isradi seperti dikutip Gooto.com dari situs berita Antara hari ini, Senin, 21 November 2022.

Menurut laporan Antara, mobil listrik dan motor listrik Uniba ini masih sangat mendasar. Dengan kata lain, kendaraan listrik tersebut masih berupa rangka dengan mesin dan sedikit pelat bodi.

Kendati begitu dirinya mengatakan bakal menawarkan kendaraan listrik buatan Uniba ke dunia industri otomotif Indonesia. Apalagi saat ini IKN berencana untuk menggunakan kendaraan listrik sepenuhnya.

Isradi pun berharap Uniba bisa berperan dalam pembangunan IKN, dalam hal kendaraan elektrifikasi. Karena menurutnya, Uniba memiliki sumber daya manusia yang mumpuni dalam hal pengetahuan teknologi.

IKN Bakal Hadirkan Sistem Transportasi Udara

Terlepas dari itu, Otorita IKN juga bakal membangun ekosistem Advanced Air Mobility (AAM). Bekolaborasi dengan Hyundai Motor Group, IKN nantinya bakal menghadirkan sistem transportasi udara.

Kemitraan ini bertujuan untuk memperkenalkan AAM sebagai bagian dari smart mobility ecosystem di IKN. Hyundai saat ini berencana mengembangkan roadmap dan meninjau konsep mobilitas yang terkonsolodasi untuk darat dan udara.

“Penerapan AAM di Nusantara sesuai dengan semangat OIKN sebagai 'laboratorium hidup' di Indonesia yang terbuka bagi berbagai potensi untuk menciptakan budaya kerja, belajar, dan gaya hidup baru,” kata Bambang.

“Kami mengapresiasi kerja sama dengan Hyundai Motor Group untuk mendukung pengembangan IKN sebagai kota cerdas dan berkelanjutan,” tambah dia dalam ketarangan resminya.

Baca juga: Hasil WSBK Australia: Alvaro Bautista Raih Kemenangan Terakhir

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

#Mobil Listrik
#Universitas Balikpapan
#IKN
#Otorita IKN
#Motor Listrik
#Kendaraan Listrik

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi