BMW Boyong Mobil Sport M3 Coupe  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 23 Maret 2009 00:04 WIB
TEMPO Interaktif, Jakarta: Sejak pertama kali diluncurkan tahun 1986, BMW M3 menjadi salah satu andalan BMW di lintasan balap. Kini BMW memperkenalkan BMW M3 Coupe generasi keempat dalam program BMW Track Day di Lippo Village International Formula Circuit, Karawaci, Tangerang, Sabtu (21/3) kemarin. Sedan balap yang membawa tradisi motorsport BMW ke lintasan dan juga jalan raya.

Sosok BMW M3 Coupe ini sudah terlihat sebagai sebuah mobil balap. Tampilannya agak berbeda jika dibandingkan dengan BMW Seri 3 Coupe. Antara lain dari kap mesin dengan powerdome dilengkapi sepasang lubang intake, air dan depan dan belakang, desain side-sill, kaca spion, serta velg dengan desain khusus berukuran 18 inci. Yang sama hanyalah sepasang pintu, bagasi, kaca jendela, lampu depan, serta lampu belakang.

Keunikan BMW M3 Coupe antara lain dari teknologi konstruksi ringan menjadi prioritas paling tinggi bagi para pengembang mobil BMW berkategori M. BMW M3 Coupé memiliki rasio antara bobot dan tenaga sebesar 3,8 kilogram per tenaga kuda. Mobil ini juga yang pertama di kelasnya yang memiliki atap dari bahan carbon-fibre-reinforce plastic (CFP).

Andalanya BMW M3 tentunya di bagian mesin. Di bawah kap terpasang mesin 8 silinder yang memiliki DNA mesin BMW Sauber F1 Team. Mesin V8 berkapasitas 3.999 cc ini sanggup menghamburkan tenapa maksimum 420 dk pada rpm 8.300 , serta torsi puncak 400 Newton-meter pada rpm 3.900.

Sensasi inilah yang sempat dirasakan wartawan dan peserta BMW Track Day. Disopiri pembalap Jimmy Lukita, para peserta dibawa melaju di area paddock Lippo Village. Tapi tentu saja, para peserta tidak bisa merasakan laju M3 Coupé yang diklaim bisa mencapai 100 kilometer per jam dalam 4,8 detik atau kecepatan maksimalnya yang 250 km/jam.

Sistem transmisi M3 Coupe diperkuat M Dual Clutch Transmission with Drivelogic, yang merupakan gearbox tercepat yang pernah ada, juga yang pertama di dunia. Dengan gearbox ini, akselerasi 0,2 detik lebih cepat ketimbang transmisi konvensional. Perpindahan di antara tujuh gigi transmisinya bisa menggunakan paddle shift di bagian kemudi.

Untuk Indonesia, BMW M3 Coupe dibanderol dengan harga Rp 1,790 miliar (off the road).

Raju Febrian

#Otomotif
#Palm

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi