IIMS 2009 Pindah ke Kemayoran
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 24 Maret 2009 15:29 WIB
TEMPO Interaktif, Jakarta : Penyelenggara pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS 2009 tetap dilaksanakan di tengah resesi ekonomi dunia. Dalam konferensi pers, Selasa (24/3) siang, di Jakarta, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memindahkan lokasi ke Jakarta International Ecpo Kemayoran.

Data terbaru dipaparkan penyelenggara menunjukkan jumlah peserta pameran tidak berkurang, namun ada perubahan komposisi. Tahun 2008 jumlah peserta pameran adalah 23 produsen, 21 produsen mobil penumpang, dua produsen mobil niaga.

Tahun ini produsen mobil penumpang yang ikut serta turun menjadi 19, namun produsen mobil niaga (antara lain truk dan bus) bertambah menjadi empat. Walaupun penyelenggara mengatakan pendekatan masih terus dilakukan untuk menambah jumlah peserta. Selain itu beberapa produsen motor utama juga diajak berpartisipasi.

Pameran itu akan dilaksanakan 24 Juli – 2 Agustus mendatang di arena pameran baru yaitu Jakarta International Expo di Kemayoran, Jakarta Pusat (arena Pekan Raya Jakarta). Penyelenggara mengatakan alasan pemindahan itu adalah, arena yang selama ini digunakan yaitu Jakarta Convention Center di Senayan kapasitas lokasi itu tidak lagi mencukupi.

Namun dalam jumpa pers itu kemudian terungkap bahwa harga sewa lokasi per stand turun antara 30-40 persen dibanding harga sewa di Senayan.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia yang mewakili industri kendaraan roda empat bersama ketua penyelenggara tahun ini menyatakan pameran itu adalah salah satu upaya untuk menunjukkan bahwa industri otomotif Indonesia tetap bergerak.

Bambang Trisulo dari asosiasi industri mobil mengatakan, “Dalam kondisi ekonomi makro kita yang sedang berjuang pameran ini diadakan untuk menunjukkan bahwa industri otomotif masih menggeliat.”

Ketua penyelenggara tahun ini sekaligus Presiden Direktur Toyota Astra Motor Johnny Darmawan menambahkan bahwa pameran itu juga untuk mengingatkan bahwa bahwa industri otomotif adalah bagian penting dalam perekonomian nasional karena menjadi penyumbang pajak terbesar ke empat dalam anggaran negara tahun lalu dan menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar.

Penyelenggara menyatakan jumpa pers hari ini adalah yang pertama dan akan diikuti oleh jumpa pers berikutnya untuk mempromosikan kepada publik lokal maupun internasional bahwa pameran otomoitif Indonesia tetap berjalan di tengah resesi global.

RONALD
#Otomotif
#Negara Islam Indonesia

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi