Tips Naik Sepeda Motor untuk Perempuan
Reporter: Tempo.co
Editor: Kusnadi Chahyono
Selasa, 10 Januari 2023 16:35 WIB
Para pengendara wanita wajib memperhatikan perlengkapan berkendara seperti helm, jaket, dan sarung tangan. (Foto: Daya Adicipta Motora)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Kepraktisan sepeda motor sebagai pendukung mobilitas saat ini banyak digunakan oleh masyarakat, termasuk perempuan. Dari hanya sekadar mengantar anak sekolah, belanja ke pasar, hingga digunakan untuk bekerja.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Meski demikian, berkendara dengan sepeda motor tentu harus mengetahui tata tertib berlalu lintas maupun cara berkendara yang baik. Sering terjadi video viral pengendara perempuan atau lady bikers yang berkendara tetapi membahayakan diri sendiri dan orang lain. Beberapa contohnya adalah lampu sein ke kiri tetapi belok ke kanan, tidak menggunakan helm dan perlengkapan memadai untuk berkendara, atau berboncengan hingga memuat tiga orang. 

Safety Riding Promotion Section Head PT Daya Adicipta Motora Ludhy Kusuma mengatakan bahwa hampir sebagian banyak wanita pengendara motor menggunakan sepeda motor tipe matik karena lebih mudah dan simple ketika digunakan sehari-hari. 

“Walaupun tipe sepeda motor apapun mulai dari cub, matik, hingga sport yang digunakan namun tetap wajib mengetahui beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh wanita ketika sedang berkendara,” ujar Ludhy.

Ludhy pun memberikan tips berkendara bagi wanita saat menggunakan sepeda motor. Berikut ini tipsnya:

1. Perlengkapan BerkendaraPara perempuan pengendara motor wajib memperhatikan perlengkapan berkendara seperti helm, jaket, dan sarung tangan. Helm berfungsi untuk melindungi rahang dan otak belakang bila terjadi benturan pada kepala, jaket berfungsi untuk menahan terpaan angin pada saat berkendara dan mengurangi bila terjadi gesekan pada bagian tubuh saat terjatuh, dan sarung tangan berfungsi untuk membantu memberikan kenyaman pada bagian hand grip.

2. Tidak Menggunakan Sepatu Hak tinggiJika Anda ingin nyaman saat berkendara, pilihlah alas kaki senyaman mungkin. dan bisa menggunakan flat shoes atau sepatu olahraga. Hindari memakai sepatu hak tinggi seperti wedges dan sejenisnya. Ini akan mempengaruhi keseimbangan dalam mengendarai motor.

3. Hindari Memakai RokSangat tidak dianjurkan bagi wanita yang mengendarai sepeda motor dengan memakai rok. Apalagi rok ketat yang dapat mempengaruhi rentang kaki Anda saat berada di jalur lambat yang sewaktu-waktu bisa saja berhenti mendadak.

Jika mengharuskan memakai rok saat di tempat tujuan, sebaiknya memakai terlebih dahulu celana yang nyaman dipakai, baru ganti rok di toilet terdekat.

“Para wanita diharapkan agar selalu memperhatikan mulai dari persiapan berkendara dan selalu patuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada di sekitar untuk selalu #Cari_Aman,” ujar Ludhy.

Baca juga: Ini 5 Motor Honda Favorit Warga Yogyakarta Sepanjang 2022

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi