Motor Balap Listrik Ducati V21L untuk MotoE 2023 Dirilis
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Rabu, 18 Januari 2023 06:00 WIB
Ducati menyatakan bahwa prototype motor balap listrik Ducati V21L yang dilombakan di FIM Enel MotoE World Championship 2023 diproduksi langsung oleh para ahlinya di Ducati MotoE Racing Department. (Foto: Ducati)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaDucati V21L diperkenalkan di markas Ducati di Borgo Panigale, Italia, 16 Januari 2023. Ini adalah motor balap listrik untuk kompetisi FIM Enel MotoE World Championship 2023. Motor ini sudah diproduksi sejak Desember lalu dan sedianya sebanyak 23 unit akan siap pada pertengahan Februari mendatang.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Di balapan nanti, ada 18 motor balap listrik Ducati V21L yang akan saling bertarung untuk menjadi juara dunia. Sementara lima unit lainnya disimpan sebagai cadangan untuk penyelenggara.

Ducati menyatakan bahwa prototype motor balap listrik Ducati V21L yang dilombakan di FIM Enel MotoE World Championship 2023 diproduksi langsung oleh para ahlinya di Ducati MotoE Racing Department. Penanganan yang sama dengan produksi motor MotoGP.

Bagi Ducati dengan diproduksinya motor balap listrik Ducati V21L ini merupakan catatan sejarah besar atas kerja sama teknisi Ducati R&D dan tim Ducati Corse. V21L ini merupakan motor MotoGP bertenaga listrik, dikombinasikan dengan teknologi elektronik dan dimensi sasis yang dikembangkan oleh Ducati Corse yang serupa dengan motor jalan raya Ducati Panigale V4.

Ducati V21L diperkenalkan di markas Ducati di Borgo Panigale, 16 Januari 2023. Merupakan motor listrik untuk kompetisi FIM Enel MotoE™ World Championship 2023. (Foto: Ducati)

Ducati mengklaim bahwa V21L ini menggabungkan kemampuan produksi di dua disiplin produksi, balap dan motor jalan raya. Merupakan prototipe Ducati yang belum sama sekali diterapkan di dunia berupa electric sport bike.

“Awal produksi Ducati MotoE adalah momen bersejarah bagi Ducati, dengan proyek ini sekaligus mempelajari secara menyeluruh teknologi masa depan dunia sepeda motor. Ini adalah bidang eksperimen yang penting, di mana kami berinvestasi untuk membangun pengetahuan, sehingga kami akan siap ketika teknologi baterai memungkinkan terciptanya sepeda jalan raya listrik yang menarik dengan bobot, performa, dan jangkauan yang diharapkan para penggemar Ducati,” ujar Claudio Domenicali, CEO Ducati.

Dirinya menambahkan bahwa Ducati V21L memulai petualangan baru bertujuan mengembangkan orang-orang dan keterampilan di dalam perusahaan untuk membentuk karakter motor listrik jalan raya Ducati di masa depan. Proyek MotoE merupakan langkah yang menentukan bagi Ducati untuk berkontribusi pada pengurangan emisi CO2 di sisi produk, bersamaan dengan penelitian bahan bakar sintetis (eFuel) yang dapat mengurangi total emisi CO2 dari mesin pembakaran internal menjadi nol. 

“Kelestarian lingkungan adalah sesuatu yang semua individu dan semua perusahaan harus pertimbangkan sebagai prioritas jika keseimbangan planet ini ingin dilestarikan. Ducati berkomitmen untuk hal ini juga di tingkat industri, dan pembangunan area Finitura e Delibera Estetica baru yang diklasifikasikan sebagai Nearly Zero Energy Building hanyalah sebagian contoh terbaru dari kami,” ujar Claudio.

Sumber: Ducati Corse

Baca juga: Honda RC213V Tunggangan Marc Marquez akan Pakai Knalpot Akrapovic

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi