2 mobil listrik Cina Menjadi yang Terbaik di EuroNCAP 2022
Reporter: Tempo.co
Editor: Kusnadi Chahyono
Jumat, 20 Januari 2023 09:00 WIB
Standar keselamatan EuroNCAP dipasangkan di Ora Funky Cat ini. Mulai dari Autonomous Emerging Brake (AEB) untuk pejalan kaki, AEB pejalan kaki ketika mobil mundur, AEB dengan mobil di depan, Speed Assistance, dan Lane Assist System.
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Dua mobil listrik Cina berhasil menjadi yang terbaik di kelasnya di pengujian standar keselamatan EuroNCAP 2022. Mobil Ora Funky Cat menjadi yang terbaik di kelas Small Family Car dan Wey Coffee 01 juga lulus sebagai yang teraman di kelas Large Off-Roader. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Standar keselamatan kendaraan di Eropa terbilang tinggi guna menekan angka kecelakaan terhadap pengguna kendaraan dan pejalan kaki, bahkan hewan yang melintas. Oh iya, selain dua mobil listrik Cina, ada dua mobil listrik dari Amerika yakni Tesla Model Y di kelas small offroad dan Tesla Model S di kelas Executtive, dan terakhir adalah Hyundai Ioniq 6 di kelas Large Family Car.

Cukup penasaran bagaimana kedua mobil Cina tersebut menembus pasar Eropa dengan memijakkan bisnisnya di Inggris serta Jerman yang mana kedua negara ini selalu mengklaim menjadi industri otomotif terdepan.

Ora Funky Car ini mendapat lima bintang dari badan penguji standar keselamatan kendaraan EuroNCAP. Bila kami melihat data yang dilansir resmi badan independen tersebut, perlindungan untuk penumpang dewasa mencapai 92 persen, perlindungan untuk anak di angka 83 persen, perlindungan untuk pejalan kaki 74 persen. Lebih kerennya adalah Safety Assist yang menjadi perhatian penting nilai tambah di EuroNCAP, mobil mungil ini mendapat nilai 93 persen.

Mobil yang diuji adalah Ora Funky Cat 400 pro+ dengan lima pintu model hatchback lansiran 2022.

Mobil Cina yang diuji adalah Ora Funky Cat 400 pro+ dengan lima pintu model hatchback lansiran 2022. Fiturnya cukup lengkap untuk melindungi penumpang selama di kabin, bahkan terdapat isofix untuk mengikatkan jok bayi di bagian penumpang belakang.

Sistem Safety Assist yang terbilang penting bagi standar keselamatan EuroNCAP dipasangkan di Ora Funky Cat ini. Mulai dari Autonomous Emerging Brake (AEB) untuk pejalan kaki,  AEB pejalan kaki ketika mobil mundur, AEB dengan mobil di depan, Speed Assistance, dan Lane Assist System.  

Kemudian mengulas Wey Coffee 01, dalam hal perlindungan di kabin untuk penumpang dewasa mencapai 91 persen, perlindungan untuk penumpang anak-anak diberi penilaian 87 persen, perlindungan untuk pejalan kaki 79 persen, sedangkan untuk safety assist mencapai 94 persen.

Tipe yang diuji merupakan Wey Coffee 01 Prestige, memiliki lima pintu di kelas SUV, lansiran 2022. (Foto: EuroNCAP)

Tipe yang diuji merupakan Wey Coffee 01 Prestige, memiliki lima pintu di kelas SUV, lansiran 2022. Safety assist seperti (AEB) untuk pejalan kaki,  AEB pejalan kaki ketika mobil mundur, AEB dengan mobil di depan, Speed Assistance, dan Lane Assist System, menjadi kelengkapan standar. Hanya saja belum ada active bonnet.

EuroNCAP bahkan memberikan catatan untuk mobill Cina ini, bahwa Dummy alias boneka penguji mendapat perlindungan hingga ke bawah lutut kaki pengendara dan penumpang. Bahkan penumpang belakang juga mendapat perlindungan yang tak jauh berbeda. Hal tersebut ditemukan saat tabrakan samping hingga frontal. Sandaran kepala mampu menopang dengan baik ketika terdapat benturan. Bahkan terdapat sistem eCall yang akan memberikan layanan panggilan darurat ketika terjadi kecelakaan.

Baca juga: Toyota Kijang Innova Zenix Enteng Melibas Jalur Menanjak Temanggung

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi