Audi A5, Coupe Indah  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Sabtu, 4 April 2009 01:12 WIB
TEMPO Interaktif, Jakarta: Meski pasarnya terbilang kecil dan terbatas, bukan berarti sedan sport tak memiliki pangsa di Indonesia. Buktinya Audi berani melansir Audi A5 yang diklaim bakal menjadi idola baru sedan sport di tanah air.

Saat memperkenalkan pertama kali di kantor pusat Audi di MT Haryono, Jakarta, Kamis (2/4) kamarin, Gunadi Sindhuwinata Presiden Direktur Indomobil yang menaungi merek Audi di Indonesia menyebut mobil dua pintu ini bakal menggebrak pasar.

"Mengutip desainer Audi A5, Walter de’Silva, inilah mobil yang menggambarkan perasaan seseorang dalam berkendara," kata Gunadi tentang mobil yang dibanderol Rp 1.45 miliar ini.

EksteriorSejak diperkenalkan generasi pertamanya tahun 2003, Audi A5 menjadi salah satu andalan penjualan Audi. Tapi khusus untuk model terbarunya ini, Audi menggunakan desain Walter de’Silva orang yang dianggap sebagai pakar desain otomotif.

Begitu melihat tampilan Audi A5, langsung terlihat jika kendaraan ini dirancang sebagai touring coupe terbaik dalam tradisi Audi. Sporty, anggun, dan performa dinamis merupkan karakter yang dimiliki seluruh model Audi saat ini. Desain A5 kian memperjelas pernyataan tersebut.

Proporsi coupè, ditunjukkan dengan dudukan (sudut) yang rendah dan lebar, overhang depan yang rendah serta transisi panjang dan landai mulai pilar C hingga bagian belakang (ekor) mobil.

Interior Dengan panjang 4,63 meter, Audi A5 jelas merupakan super coupè. Dilengkapi 4 tempat duduk yang nyaman dan kapasitas bagasi bervolume besar (455 liter), membuat mobil ini menjadi ‘long-distance tourer’ yang nyaman.

Interior ditampilkan dengan desain yang ergonomis dan fungsional. Dengan materi (bahan) pilihan kualitas tinggi tipikal Audi mulai dari lingkar kemudi, dashboard, dan kursi pengemudi dan kursi penumpang belakang. Lekukan jok sangat nyaman, walaupun untuk perjalanan jauh sekalipun, itulah kunci dari interior Audi A5 yaitu kenyamanan.

MesinUntuk sebuah coupè dengan karakter yang sangat sporty, dibutuhkan tenaga dan mesin yang sangat efisien. Mesin 3.2 liter penggerak 4-roda (quattro) dan transmisi otomatis FSI (Multitronic). FSI yang ada pada Audi A5, merupakan mesin bensin 'top-of-the-range’ yang dimiliki Audi.

Mesin ini menghasilkan tenaga sebesar 195 kW (265 bhp) dengan torsi sebesar 330 Nm yang dihasilkan pada putaran mesin 3.000 sampai 5.000 rpm. Kecepatan 0–100 km diperoleh dalam waktu 6,1 detik. Kecepatan maksimal dibatasi hingga 250 km/jam. Konsumsi bahan bakar yang dicatat adalah 1 liter berbanding 11,5 km.

Imelda Muhidin, General Manjer Audi Indonesia, mengatakan kehadiran Audi A5 merupakan produk yang akan memuaskan pecinta Audi Indonesia. "Kami akan tetap ada bersama mereka, serta memenuhi kebutuhan mereka walaupun di masa sulit sekalipun," katanya.

Raju Febrian

#Otomotif
#Partai Serikat Rakyat Independen | SRI

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi