New Carry Jadi Model Terlaris Suzuki Indonesia di 2022
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Selasa, 24 Januari 2023 19:59 WIB
New Suzuki Carry varian pick-up berhasil menguasai 52% market share di kategori kendaraan niaga ringan jenis mini pick-up seluruh Indonesia yang total penjualannya mencapai 99.992 unit pada tahun 2022. (Foto: SIS)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) berhasil membukukan total penjualan ritel sebanyak 89.067 unit sepanjang 2022. Tiga model Suzuki yakni New Carry, Ertiga dan XL7 menjadi kontributor terbesar penjualan. Ketiganya merupakan model yang diproduksi secara lokal di pabrik Suzuki di Karawang, Jawa Barat.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

“Jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya, penjualan secara ritel mengalami peningkatan untuk ketiga unit kebanggaan Suzuki tersebut. Bahkan, bila dibandingkan dengan bulan sebelumnya selama tahun 2022, di bulan Desember ini New Carry berikan catatan penjualan tertinggi di tahun 2022. New Carry berhasil berkontribusi sebanyak 60 persen, kemudian disusul oleh Suzuki XL7 yang berkontribusi sebesar 18 persen dan ketiga adalah All New Ertiga yang berkontribusi sebesar 12 persen,” kata Randy R. Murdoko, Asst. to Dept. Head 4W Sales PT Suzuki Indomobil Sales dalam keterangan resmi, Selasa, 24 Januari 2023.

Menurut Randy, akhir tahun 2022 menjadi momentum penting bagi New Carry, terutama varian pikap karena dapat menjaga performa penjualan bahkan berhasil catatkan peningkatan penjualan secara positif.  

Bila dibandingkan dengan November, catatan penjualan di Desember 2022 mengalami peningkatan sebesar 17 persen. Kemudian, bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya dengan periode yang sama yaitu Januari hingga Desember, New Carry varian pikap mengalami peningkatan 2 persen dengan total penjualan sebanyak 52.322 unit. 

New Suzuki Carry varian pick-up mengalami peningkatan 2 persen dengan total penjualan sebanyak 52.322 unit pada tahun 2022. (Foto: SIS)

Catatan positif lainnya adalah New Carry varian pikap berhasil menguasai 52 persen market share di kategori kendaraan niaga ringan jenis mini pikap seluruh Indonesia yang total penjualannya mencapai 99.992 unit.

Kesuksesan tidak berhenti di situ, pada kategori kendaraan niaga berjenis piap secara keseluruhan, market share penjualan ritel New Carry juga berkontribusi sebagai yang terbesar yaitu 33 persen dari total penjualan ritel kendaraan niaga jenis pick-up sebesar 156.271 unit.

Mengimbangi penjualan New Carry sebagai kendaraan niaga, XL7 juga mencatatkan performa penjualan yang positif untuk kendaraan penumpang. Suzuki XL7 mencatatkan penjualan sebanyak 15.998 unit atau mengalami peningkatan sebesar 9 persen selama tahun 2022 jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.  

Sedangkan di Desember, XL7 meningkat sebesar 25 persen jika dibandingkan dengan bulan November. Dari catatan penjualan ini, XL7 terbukti dijadikan pilihan terbaik oleh konsumen yang membutuhkan kendaraan SUV (Sport Utility Vehicle) 7 penumpang dengan fitur lengkap, kapabilitas optimal dan harga kompetitif.

Selanjutnya, kontributor utama ketiga adalah All New Ertiga. Bila dibandingkan dengan bulan sebelumnya, All New Ertiga di Desember 2022 mengalami peningkatan sebesar 18 persen. Dari keseluruhan varian yang ada di All New Ertiga, varian yang dilengkapi teknologi hybrid berikan kontribusi sebesar 59 persen selama Desember 2022. Penjualan ritel varian hybrid di Desember tersebut mengalami peningkatan sebesar 7 persen dibandingkan bulan sebelumnya. 

Sejak pertama kali All New Ertiga Hybrid meluncur di pertengahan tahun terus mendapatkan respon positif hingga di akhir 2022, sehingga penjualannya mampu mencapai hampir 2 kali lipat dari varian non-hybrid, atau memegang porsi sekitar 66 persen secara keseluruhan varian. Yang lebih membanggakan hingga akhir tahun 2022, All New Ertiga Hybrid masih memegang predikat pionir dan satu-satunya LMPV di Indonesia yang telah dibekali teknologi hybrid. 

Baca juga: Honda dan GS Yuasa akan Bentuk Perusahaan Baterai Listrik

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi